Wardah, nama yang pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat...
Wardah, nama yang pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya pada kalangan perempuan. Kosmetik ini berhasil menarik hati banyak perempuan dan telah digunakan oleh berbagai generasi.
Kesuksesan ini tentu tidak diraih secara instan. Kosmetik ini menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai posisinya sekarang.
Dalam artikel ini, AwanToko akan membagikan strategi sukses Wardah untuk menguasai pasar kosmetik halal. Berikut penjelasannya.
Sejarah Singkat Wardah
Nurhayati Subakat merupakan wanita dibalik berdirinya Wardah. Dirinya merupakan salah satu lulusan terbaik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1971.
Sebelumnya, Nurhayati telah mendirikan PT Pusaka Tradisi Ibu, perusahaan yang memproduksi sampo dengan merek “Putri”. Sayang, pabrik miliknya mengalami kebakaran dan menyebabkan kerugian yang besar.
Alih-alih merasa terpuruk, Nurhayati memilih untuk bangkit. Di tahun 1995, dia meluncurkan produk Wardah sebagai respons terhadap kekhawatirannya atas ketiadaan produk kosmetik bersertifikat halal saat itu.
Dengan berbagai usaha yang Nurhayati lakukan, di tahun 2009 Wardah berhasil meraih kesuksesan. Kehadirannya mendapatkan sambutan hangat dari banyak perempuan Indonesia. Ini juga berpengaruh pada kesuksesan PT Pusaka Tradisi Ibu yang terus meningkat.
Pada tahun 2011, PT Pusaka Tradisi Ibu resmi berganti nama menjadi PT Paragon Technology and Innovation. Perusahaan ini berhasil menguasai 30 persen pasar industri kecantikan Indonesia dengan berbagai anak perusahaan serta produk yang diluncurkan.
Baca Juga: Simak 3 Alasan Kenapa Warung Harus Jadi Modern
Strategi di Balik Kesuksesan Wardah Menguasai Pasar Kosmetik Halal
Kesuksesan Wardah tentu tidak didapatkan dengan mudah. Terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh Nurhayati Subakat untuk mencapai posisinya kini. Beberapa strategi tersebut meliputi:
1. Inovasi
Menurut Nurhayati Subakat, kunci kesuksesan adalah inovasi. Ia meyakini industri kecantikan lebih menjanjikan dibanding industri lainnya, sehingga inovasi perlu dilakukan.
Salah satu inovasi yang dilakukan terdapat pada slogan. Wardah diketahui telah mengubah tagline mereka sebanyak empat kali. Slogan produk ini antara lain Kosmetika Suci & Aman, Inspiring Beauty, Feel the Beauty, dan yang digunakan hingga saat ini adalah Beauty Moves You.
Slogan “Beauty Moves You” memberikan kesan bahwa perempuan merupakan penggerak perubahan serta kecantikan. Berkat inovasi yang dilakukan, Wardah berhasil meraih popularitas di tingkat nasional dan internasional, sekaligus mendominasi pasar kosmetik halal.
2. Brand Positioning yang Kuat
Brand positioning adalah strategi yang digunakan agar produk tertanam di benak masyarakat. Wardah memposisikan brand mereka sebagai kosmetik yang halal dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen Muslim
Brand positioning ini juga didukung dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 1997. Tak hanya itu, mereka juga diakui sebagai pelopor kosmetik halal di Indonesia oleh World Halal Council. Pengakuan ini membuatnya semakin diterima oleh perempuan Indonesia, khususnya para perempuan Muslim.
3. Memiliki Identitas Merek yang Jelas
Tidak hanya handal dalam brand positioning, Wardah juga mahir dalam membangun identitas merek yang jelas. Kosmetik ini dikenal dengan menonjolkan kecantikan alami dan merayakan keberagaman dengan menghargai setiap jenis serta warna kulit.
Pesan ini terbukti dengan penggunaan model yang mempresentasikan kecantikan alami. Selain itu, produk yang dirancang juga mendukung kebutuhan perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang dan warna kulit.
4. Penggunaan Brand Ambassador yang Sesuai
Brand Ambassador yang digunakan Wardah adalah wanita yang mampu menginspirasi masyarakat dengan keunikan masing-masing. Para Brand Ambassador yang terpilih dianggap sebagai sosok yang dapat mewakili nilai produk yaitu kecantikan alami.
Deretan influencer yang menjadi Brand Ambassador Wardah antara lain Dinda Hauw, Raline Shah, Amanda Rawles, dan lain-lain. Mereka dipilih tidak hanya karena memiliki pengaruh kepada pengikut mereka, namun juga dapat memperkuat citra produk.
5. Menjaga Hubungan dengan Konsumen
Selain menonjolkan brand, salah satu kunci kesuksesan Wardah adalah terjaganya hubungan dengan konsumen. Dalam program “My Wardah”, mereka kerap memberikan insentif tambahan kepada pelanggan setia.
Pada Mei 2024, mereka turut menggelar acara The House of W (Women, Wisdom, Wardah). Acara ini bertujuan untuk memberi ruang bagi perempuan untuk saling mendukung serta mengembangkan diri agar dapat menginspirasi khalayak luas.
Produk ini juga aktif dalam kegiatan sosial seperti salah satu kampanyenya yang bernama #SelaluAdaBahagia. Dalam kampanye tersebut, kosmetik ini membantu memenuhi kebutuhan masjid dan ruang publik lainnya saat bulan Ramadhan.
6. Mensejahterakan Karyawan
Wardah merupakan brand yang selalu menghargai serta mensejahterakan karyawannya. Nurhayati Subakat, selaku pendiri perusahaan sering memberikan penghargaan kepada setiap karyawan.
Penghargaan tersebut berupa beasiswa untuk anak karyawan, berangkat umrah bagi karyawan yang telah bekerja selama 7 tahun, hingga persiapan masa pensiun. Wardah percaya keberhasilan mereka tidak lepas dari dedikasi dan kerja keras timnya.
Baca Juga: Kisah Sukses Wings Group, dari Surabaya ke Seluruh Indonesia
Jika Anda pemilik Toko Grosir dan tertarik untuk menambah stok kosmetik, Wardah merupakan produk yang tepat. AwanToko Pro akan membantu Anda dalam menambah stok produk Wardah.
Dengan AwanToko Pro, Anda dapat memaksimalkan sistem operasional Toko Grosir dengan memanfaatkan layanan digital pada kasir, pencatatan stok, laporan keuangan, hingga pesanan online. Anda juga dapat mengetahui barang yang sedang ramai di pasaran melalui AwanToko Pro.
Anda dapat memesan produk Wardah sekarang dan membayarnya di kemudian hari dengan layanan “Bantu Modal”. Bantu Modal merupakan bantuan pendanaan dari PT. Simplefi Teknologi Indonesia yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat.
Jangan khawatir! Layanan ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website AwanToko atau hubungi Customer Service kami.
Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko