Mana yang Lebih Penting: Pelanggan Lama atau Baru?
December 23, 2024

Sebagai pemilik Toko Grosir, sering muncul pertanyaan untuk lebih penting mempertahankan pelanggan lama atau mencari pelanggan baru. Kedua hal ini tentu memiliki kelebihan serta tantangan tersendiri.

Mempertahankan pelanggan lama dapat menjaga hubungan dalam jangka panjang, sementara mencari pelanggan baru dapat semakin memperluas pasar. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menghadapi pertanyaan ini.

Kali ini, AwanToko akan membantu Anda menentukan pilihan yang tepat agar Toko Grosir Anda semakin berkembang. Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Pelanggan Lama dan Baru

Kedua jenis pelanggan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu:

1. Tingkat Loyalitas

Pelanggan baru cenderung belum menunjukkan loyalitasnya pada Toko Grosir Anda. Dibutuhkan waktu dan pengalaman positif untuk membangun kepercayaan dan merasa yakin bahwa Toko Grosir Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Berbeda dengan pelanggan baru, pelanggan lama biasanya memiliki tingkat loyalitas yang tinggi pada Toko Grosir langganannya. Kepercayaan ini dapat timbul dari kualitas barang maupun layanan yang ditawarkan dengan baik.

2. Pola Pembelian

Pelanggan baru akan melakukan pembelian dalam jumlah kecil untuk menguji kecocokan dirinya dengan Toko Grosir. Sebagai pemilik Toko Grosir, Anda harus memberikan pelayanan terbaik agar mereka tertarik untuk kembali dan menjadi pelanggan setia.

Pelanggan lama memiliki pola pembelian yang stabil dan konsisten. Mereka tak segan membeli dalam jumlah besar karena tingkat kepercayaan yang sudah tinggi pada Toko Grosir.

3. Kemungkinan Beralih ke Kompetitor

Pelanggan baru memiliki kemungkinan lebih besar untuk beralih ke kompetitor jika Anda memberikan pelayanan yang kurang maksimal atau barang yang terlalu mahal. Oleh karena itu, pastikan seluruh aspek toko Anda berkesan positif di pelanggan.

Sebaliknya, kecil kemungkinan bagi pelanggan lama untuk beralih ke Toko Grosir lain. Tingkat kepercayaan dan kepuasan yang telah terbentuk menjadikan mereka dapat melakukan pembelian berulang pada Toko Grosir Anda. Sebaiknya Anda tetap menjaga kepercayaan dan kepuasan ini agar pelanggan lama tidak beralih ke kompetitor Anda.

4. Strategi Mencari dan Mempertahankan

Mencari pelanggan baru membutuhkan usaha serta biaya yang lebih besar. Anda harus aktif mendatangi calon pelanggan dan menawarkan keuntungan yang didapat saat berbelanja di Toko Grosir Anda. 

Sementara itu, usaha Anda akan lebih ringan ketika mempertahankan pelanggan lama. Penting untuk menjaga hubungan dengan mereka melalui interaksi personal seperti meminta pendapat mereka untuk kelanjutan Toko Grosir Anda.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Usaha Grosir Sembako yang Sukses dan Untung

Manakah yang Lebih Penting di Antara Keduanya?

Melihat dari perbedaan di atas, tentu akan terpikirkan beberapa pertimbangan untuk kebaikan Toko Grosir Anda.

Jika Toko Grosir baru dirintis, pilihan terbaik adalah mencari pelanggan baru. Dengan pelanggan baru, jangkauan pasar Anda akan semakin luas. Toko Grosir Anda juga dapat mulai memiliki pendapatan yang stabil.

Namun jika Toko Grosir milik Anda sudah berdiri lama dan stabil, mempertahankan pelanggan lama merupakan pilihan yang tepat. Pelanggan lama akan dengan senang hati merekomendasikan toko Anda ke orang lain, menjadikan pelanggan bertambah tanpa mengeluarkan uang tambahan.

Kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya diukur dari jumlah pelanggan, tetapi juga dari seberapa besar mereka berbelanja di Toko Grosir Anda. Anda juga bisa menawarkan saran yang relevan untuk pengembangan usaha warung mereka, serta solusi yang saling menguntungkan.

Rekomendasikan AwanTempo untuk membantu pelanggan menambah stok barang dari Toko Grosir Anda tanpa khawatir biaya langsung besar. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan opsi pembayaran lain bagi mereka yang membeli dalam jumlah besar.

Banner layanan bantuan permodalan AwanTempo untuk warung sembako
Dapatkan bantuan permodalan untuk warung Anda sekarang!

Baca Juga: Alasan Tehbotol Sosro Menjadi Favorit Masyarakat Indonesia

Permudah Pelanggan Toko Grosir Anda dengan AwanToko Pro

Anda tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Salah satunya melalui sistem operasional berbasis online. 

AwanToko Pro hadir untuk membantu Anda. Dengan AwanToko Pro, Toko Grosir akan lebih modern dengan memanfaatkan layanan online seperti pada menu kasir, pemesanan, pengaturan stok, dan laporan.

Tidak hanya itu, AwanToko Pro juga siap membantu Anda menambah stok pada Toko Grosir melalui layanan pendanaan Bantu Modal dengan cepat dan mudah. Bantu Modal telah didukung oleh PT SimpleFi Teknologi Indonesia serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website AwanToko atau hubungi Customer Service kami.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko!

Artikel Lainnya