Artikel 8_Mengenal lebih jauh indofood, perusahaan makanan terbesar di indonesia
November 13, 2023

PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan salah satu Industri FMCG terbesar di Indonesia. Selama bertahun-tahun, Indofood telah memproduksi jenis makanan yang beragam, mulai dari mie instan, tepung, susu, makanan bayi, hingga makanan ringan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai sejarah dan juga produk-produk dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk:

Sejarah Panjang dan Ragam Produk Terkenal dari Industri FMCG Indofood

  • Sejarah Industri FMCG Indofood

PT Indofood Sukses Makmur Tbk pertama kali didirikan pada bulan April tahun 1968 oleh Sudono Salim yang dikenal juga sebagai Liem Sioe Liong. Perusahaan ini awalnya dikenal sebagai PT Panganjaya Intikusuma, yang awalnya berfokus pada produksi tepung terigu. Akan tetapi, karena keinginan Sudono Salim jauh lebih besar, akhirnya ia berinovasi untuk memproduksi jenis makanan dan minuman lainnya. Pada tahun 1982 mereka meluncurkan produk mie instan dengan nama Indomie. Indomie memiliki rasa yang autentik dan mudah proses penyajiannya, mie instan ini sangat populer dikalangan pelanggan. Hingga akhirnya mereka berganti nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur pada tanggal 5 Februari 1994, dan ia mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia.

Setahun kemudian, Industri FMCG Indofood membeli pabrik penggilingan gandum Bogasari. Pada tahun 1997, Indofood kembali memperluas bisnisnya dengan mengakuisisi grup perusahaan yang bergerak dalam distribusi, perkebunan, dan agribisnis. Indofood juga mengembangkan bisnisnya dengan membeli PT Pelayaran Tahta Bahtera. Kemudian ia mendaftarkan saham Indofood Agri Resources Ltd, yang dikenal juga sebagai IndoAgri dari Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapore (SGX) pada tahun 2007. Kemudian, grup agribisnis itu mengambil alih PT PP London Sumatra Indonesia Tbk, sebuah perusahaan perkebunan yang sahamnya tercatat di BEI.

Tahun berikutnya, Grup Agribisnis tersebut membeli PT Laju Perdana Indah untuk berbisnis gula. Dengan mengakuisisi PT Indolakto, produsen produk dairy terkemuka di Indonesia, Grup Consumer Branded Products (CBP) juga memasuki industri dairy. Lalu setahun berikutnya, Grup CBP memasuki industri air minum dalam kemasan (AMDK) dengan membeli aset AMDK, termasuk merek Club. Selain itu, pasar mie instan didistribusikan oleh Grup CBP ke Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Tenggara. Akhirnya, produk Indomie dapat ditemukan di banyak negara di seluruh dunia. 

  • Produk-Produk Indofood

  • Mie Instan

 Di Indonesia, merek mie instan yang sangat terkenal adalah Indomie. Indomie, pertama kali diluncurkan pada tahun 1982. Indomie memiliki berbagai jenis varian rasa, termasuk mie goreng, rasa ayam bawang, mie kari, dan mie soto, yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan mudah disajikan. Adapun varian unik seperti Indomie Real Meat dan Indomie Salted Egg telah menjadi salah satu jenis mie favorit pelanggan. 

Selain itu, merek populer lainnya yaitu Supermi. Merek ini menawarkan berbagai rasa, seperti supermi rasa ayam bawang, rasa kaldu ayam, dan masih banyak lagi. Merek ini dikenal dengan tekstur mie nya yang kenyal.

Kemudian merek mie instan Sarimi, Mie Sarimi memiliki keunikan tersendiri yaitu Mie Sarimi isi 2 dalam satu kemasan. Seperti sarimi isi 2 mie goreng rasa ayam kremess, sarimi isi 2 rasa ayam bawang, sarimi isi 2 rasa kari spesial, dan masih banyak varian lainnya. 

Kemudian Indofood berinovasi untuk menciptakan mie dalam kemasan cup, dengan penyajian yang lebih mudah yaitu Pop Mie. Pop Mie adalah produk mie instan yang terkenal dengan berbagai rasa yang inovatif dengan berbagai varian rasa. Seperti pop mie rasa baso spesial, pop mie ayam bawang, pop mie pedas gledek, pop mie pedas dower ayam, pop mie goreng, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, adapun produk mie lainnya yaitu Mie Telur Cap 3 Ayam yang memiliki kualitas premium, dengan tiga varian rasa seperti mie bulat, mie gepeng, dan mie keriting. 

  • Tepung

Grup Bogasari adalah produsen berbagai jenis tepung terigu berkualitas tinggi dengan merek-merek terkenal. Seperti tepung merek Segitiga Biru, Kunci Biru, dan Cakra Kembar. Bogasari juga menjadi produsen pasta terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Produknya dipasarkan dengan merek La Fonte, yang sangat terkenal karena kualitas rasanya. Selain itu, produk ini juga diekspor ke beberapa negara termasuk Filipina, Korea, dan Jepang. 

  • Susu dan Es krim

Susu dan Es Krim di produksi oleh PT Indolakto yang merupakan anak perusahaan dari PT Indofood. Produk populer dari PT Indolakto ini diantaranya seperti Indomilk, Susu Cap Enak, Tiga Sapi, dan Indoeskrim. 

Produk indomilk memiliki banyak varian rasa seperti susu indomilk rasa coklat, rasa strawberry, rasa taro, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kini indomilk juga hadir dengan varian baru yaitu Indomilk Susu Steril dengan kemasan kaleng yang memiliki 2 varian rasa, yaitu original dan honey. 

Adapun produk es krim yang di produksi oleh mereka dengan merek Indoeskrim. Indoeskrim memiliki berbagai macam varian seperti maxswich, tamtam, choc rocks bar, kulkul donut, dan kulkul lollipop. Namun menariknya kini Indoeskrim mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu Indoeskrim Choc Rocks Cone Indomie, dengan topping Indomie di atasnya memberikan sensasi yang beda dan unik.

  • Makanan Bayi

PT Indofood membuat inovasi produk makanan bayi yang baik untuk perkembangan bayi. Beberapa merek produksinya yaitu Promina, Produk Promina dibuat khusus untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Merek ini menawarkan berbagai jenis produk makanan bayi termasuk bubur dan juga sereal. Adapun produk bubur dan sereal lainnya yaitu merek Sun, yang menawarkan berbagai jenis varian rasa yaitu rasa susu pisang, kacang hijau, ubi ungu, dan nasi merah. 

Tidak hanya bubur dan sereal, kedua merek itu juga mengeluarkan produk biskuit bayi dengan berbagai jenis rasa seperti rasa pisang, rasa susu dan madu. Adapun produksi lainnya yaitu snack promina dengan berbagai varian rasa yang dibuat untuk bayi dan anak usia 8 hingga 24 bulan. 

  • Makanan Ringan

Ngemil merupakan sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia ketika sedang menjalankan aktivitas yang ringan. Untuk mendukung kebiasaan ini, PT Indofood telah menghadirkan berbagai jenis makanan ringan yang diproduksi dari berbagai bahan termasuk ketang, jagung, dan singkong. Produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini sangat populer di pasaran dan dapat dengan mudah ditemui oleh pelanggan baik di supermarket, grosir, ataupun warung. Beberapa produk makanan ringan yang mereka produksi adalah Chitato, Qtela, Maxicorn, JetZ dan juga Chiki. Produk Chiki ini terdiri dari beberapa varian yaitu Chiki Twist, Chiki Puffs, dan Chiki Net. 

PT Indofood Sukses Makmur Tbk hadir dalam memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dengan sejarahnya yang panjang dan beragamnya produk, PT Indofood tetap menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari kualitas, rasa dan variasi dalam memenuhi kebutuhan makanan. 

AwanToko berfokus untuk bermitra dengan pelaku industri FMCG dengan memberikan dukungan operasional yang terdigitalisasi dan bantuan permodalan. Grosir Toko Sembako bisa memanfaatkan sistem AwanToko Pro berbasis website untuk melakukan pencatatan transaksi, manajemen stok, hingga mengajukan bantuan permodalan. Dan Warung bisa memanfaatkan aplikasi AwanToko untuk mengajukan bantuan permodalan yang bisa di unduh melalui Google Play Store, sehingga warung bisa meningkatkan modal untuk stok dan mengembangkan usahanya.

Kini saat nya Grosir dan Warung harus lebih cerdas, dengan beralih menggunakan sistem operasionalisasi yang digital untuk meningkatkan keuntungan usaha, pengembangan bisnis, dan akses bantuan permodalan.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Artikel Lainnya