Kopiko merupakan brand permen kopi asal Indonesia yang berhasil dikenal...
Kopiko merupakan brand permen kopi asal Indonesia yang berhasil dikenal secara nasional maupun internasional. Selain memiliki cita rasa yang khas, permen kopi ini juga memudahkan siapa saja yang ingin menikmati kopi tanpa perlu menyeduhnya.
Popularitas Kopiko menjadikannya sebagai permen pilihan bagi konsumen bahkan hingga mancanegara, membuktikan bahwa produk lokal dapat bersaing di kancah internasional. Berkat keunggulan tersebut, permen ini berhasil dibawa ke luar angkasa oleh beberapa astronot.
Pada artikel kali ini, AwanToko akan memberikan sejarah singkat dan beberapa kisah sukses dari Kopiko. Simak penjelasannya di bawah ini.
Sejarah Singkat Kopiko
Kopiko diproduksi oleh Mayora Group, PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1977 oleh Jogi Hendra Atmadja bersama kedua temannya, Drs. Raden Soedigdo dan Ir. Darmawan Kurnia.
Awalnya, produk yang paling dikenal dari Mayora Group adalah produk biskuit. Namun, ketika permen ini diluncurkan pada tahun 1982, popularitas permen ini tidak kalah dari merek biskuit keluaran Mayora sebelumnya.
Melihat potensi ini, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana (Initial Public Offering/IPO) di tahun 1990. Penawaran Umum Perdana bertujuan agar Mayora Group menjadi perusahaan terbuka dengan memperluas ekspansi ke negara ASEAN.
Hasil yang signifikan membuat mereka semakin meluaskan pasar hingga mencapai 90 negara termasuk Amerika Serikat, Korea Selatan, India, dan negara lainnya. Bahkan, Kopiko sudah meraih nilai ekspor lebih dari 30 persen dari keseluruhan pendapatan Mayora Group.
Menurut Ricky Afrianto, Director & Global Marketing Director Mayora Group, Kopiko bisa melakukan ekspansi besar-besaran karena melakukan empat tahapan yang ketat. Tahapan tersebut antara lain:
- Menjaga kualitas biji kopi hingga produk akhir.
- Memahami konsumen di setiap negara.
- Inovasi dalam menjawab kebutuhan serta keinginan setiap konsumen.
- Aktif melakukan marketing untuk membangun brand agar lebih baik.
Baca juga: 10 Brand Legendaris Indonesia yang Masih Eksis
Intip Deretan Kesuksesan Kopiko yang Mendunia
Kopiko telah membuktikan kemampuannya sebagai brand lokal yang mampu menembus pasar internasional. Berikut adalah beberapa prestasi yang berhasil diraih Kopiko pada skala global.
1. Terbang ke Luar Angkasa Bersama Astronot NASA
Pada tahun 2017, publik dikejutkan oleh unggahan Twitter International Space Station (ISS). Dalam postingan tersebut, terlihat Kopiko menjadi salah satu pilihan snack yang dibawa para astronot NASA dalam perjalan ke Bulan.
Kopiko dipilih karena keefektifannya untuk dikonsumsi. Dibawanya permen ini ke luar angkasa tentu berada di luar rencana Mayora Group. Mereka turut bangga Kopiko dapat menjadi permen pilihan untuk para astronot.
2. Muncul di Drama Korea Populer
Kopiko beberapa kali muncul pada drama Korea populer seperti Vincenzo, Hometown Cha Cha Cha, dan Mine. Meskipun sebentar, kehadirannya berhasil menjadi perbincangan netizen, khususnya penggemar drama Korea.
Untuk tampil dalam drama Korea, Kopiko melewati seleksi yang ketat dari masing-masing produser. Mereka sangat teliti dalam memilih produk yang akan ditampilkan, memastikan setiap produk memiliki nilai dan relevansi di pasar global.
Beruntung, saat itu Kopiko telah masuk ke Korea Selatan. Setelah diskusi panjang, akhirnya mereka dapat tampil dalam beberapa drama Korea ternama.
3. Hadir di Gudang Tesla Bersama Elon Musk
Pada April 2022, tersebar foto yang menarik perhatian dari Gigafactory Tesla di Texas, Amerika Serikat. Foto tersebut menunjukkan Luhut Binsar Pandjaitan yang berfoto dengan Elon Musk, bos dari Tesla sambil menggenggam Kopiko.
Foto itu diambil ketika Luhut, yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi saat itu, sedang diskusi mengenai kerja sama investasi pengolahan nikel. Luhut mengatakan bahwa Elon Musk juga mengakui rasa dari permen kopi tersebut.
Selain menjadi perbincangan, foto tersebut juga berdampak pada PT Mayora Indah Tbk. Saham Mayora turut mengalami peningkatan sebesar 7,06 persen.
Baca juga: 7 Hal Penting Dalam Merekrut Karyawan Warung Sembako
Tambah Stok Kopiko dengan AwanToko
Jika Anda memiliki Warung Sembako, menambah stok Kopiko merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat dengan mudah menambah stok tersebut dengan menggunakan aplikasi AwanToko.
Aplikasi AwanToko menyediakan layanan pesan online yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Menariknya, harga yang ditawarkan tetap sama seperti di Toko Grosir.
Anda juga bisa melakukan pemesanan barang dan membayarnya di kemudian hari menggunakan AwanTempo. AwanTempo adalah layanan bantuan permodalan yang didukung oleh PT SimpleFi Teknologi Indonesia serta telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan ini, pinjaman dapat diajukan dengan mudah tanpa memerlukan jaminan aset.
Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko sekarang!