Masalah pada gudang grosir bisa menghambat Anda meraih manfaat besar...
Jangan sampai memberikan pekerjaan ke orang yang salah! Terdapat 7 hal yang harus diperhatikan dalam merekrut karyawan warung sembako
Menjadi pemilik warung sembako akan memberikan Anda berbagai fleksibilitas, baik dalam finansial maupun urusan pribadi. Namun, saat bisnis berkembang, fleksibilitas itu akan semakin berkurang.
Oleh karena itu, perekrutan karyawan diperlukan untuk membantu mengelola bisnis Anda. Proses perekrutan harus dilaksanakan dengan teliti untuk menghindari kesalahan dalam memilih calon karyawan.
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merekrut Karyawan untuk Warung Sembako
Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan:
1. Kejujuran dan Kepercayaan
Faktor utama yang harus Anda perhatikan adalah kejujuran. Karena nantinya karyawan Anda akan mengelola keuangan serta barang-barang yang ada di warung sembako.
Dengan kejujuran, rasa percaya akan timbul tidak hanya dari pemilik warung sembako, tetapi juga dari pelanggan. Karyawan yang jujur dalam memberikan harga atau merekomendasikan barang akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan ini akan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian lagi di waktu mendatang.
2. Kemampuan Berhitung
Kemampuan ini dibutuhkan agar karyawan Anda dapat dengan teliti menghitung pemasukan dan pengeluaran keuangan, total belanja pelanggan, dan stok barang.
Selain itu, kemampuan ini dapat membantu karyawan Anda untuk mengelola barang lebih efektif dan menghindari kerugian yang terjadi.
3. Keramahan
Keramahan ini sangat diperlukan karena karyawan Anda akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Karyawan harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan solusi yang tepat.
Pelanggan tentunya akan merasa lebih nyaman ketika berbelanja di warung yang melayaninya dengan sopan dan ramah. Kepuasan ini tentunya akan meningkatkan loyalitas pelanggan serta penjualan Anda.
Baca Juga: Sunlight vs Mama Lemon, Temukan Sabun Cuci Piring yang Tepat!
4. Ketelitian
Karyawan warung sembako harus memiliki ketelitian yang tinggi. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam menimbang barang dan menghitung stok barang.
Untuk membantu karyawan Anda semakin teliti, Anda dapat menggunakan AwanToko Pro. AwanToko Pro akan membantu melakukan pencatatan transaksi penjualan dan stok barang secara online dengan berbasis website.
5. Kemampuan Beradaptasi
Waktu bekerja di warung sembako terkadang tidak tetap. Karyawan Anda harus siap bekerja di luar jam kerja khususnya ketika ada perayaan tertentu.
Tidak hanya beradaptasi dengan waktu, setiap karyawan harus dapat beradaptasi dengan pelanggan. Beragamnya karakter serta permintaan pelanggan membuat karyawan harus dapat beradaptasi dengan baik untuk melayani setiap permintaan.
6. Kemampuan Kerja Sama
Jika Anda memiliki lebih dari satu karyawan, mereka harus dapat bekerja sama demi menciptakan lingkungan yang harmonis. Kemampuan ini juga tidak hanya antar karyawan, namun juga antara karyawan dengan pemilik warung sembako.
Kerja sama yang dilakukan dapat berupa diskusi mengenai barang yang paling laris atau menemukan warung grosir yang tepat.
7. Lokasi Terdekat
Saat merekrut karyawan, usahakan untuk memilih seseorang yang tinggal dekat dengan lokasi warung sembako.
Lokasi yang dekat, akan sangat membantu Anda dalam mengatur jadwal kerja dan menghindari ketidakhadiran karyawan tanpa sebab.
Baca Juga: 6 Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Warung Sembako
Kembangkan Warung Sembako Dengan AwanToko
Jika Anda ingin mengembangkan warung sembako agar memiliki jangkauan yang lebih luas, AwanToko Pro adalah solusi yang tepat. AwanToko Pro merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh AwanToko.
Selain menawarkan pencatatan online berbasis website, AwanToko Pro juga menawarkan bantuan modal hingga 200 miliar. Anda tidak perlu khawatir, karena AwanToko Pro telah berizin dan diawasi oleh OJK.
Ayo, kembangkan bisnis Anda dengan menjadi #TemanUntungBareng AwanToko!