Ilustrasi uang yang didapatkan dengan menerapkan cara meningkatkan omzet warung sembako

Peningkatan omzet tentunya merupakan harapan yang ingin dicapai oleh seluruh pemilik warung sembako. Dengan meningkatnya omzet, operasional warung dan pengadaan stok barang dapat terus berjalan lancar. 

Untuk mencapai hal tersebut, pemilik warung harus mengetahui strategi dan cara meningkatkan omzet warung sembako yang efektif demi mendapat keuntungan yang maksimal.

Dalam artikel kali ini, AwanToko memiliki beberapa tips dan cara meningkatkan omzet warung sembako yang dapat Anda terapkan di warung Anda.

Cara Meningkatkan Omzet Warung Sembako

Untuk meningkatkan jumlah omzet dan keuntungan warung sembako, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Perhatikan Merek Produk yang Sering Dicari Pelanggan

Satu jenis produk sembako dapat terdiri dari banyak sekali merek. Untuk memaksimalkan modal dan kapasitas ruang warung, Anda dapat mencermati merek apa saja yang sering dicari pelanggan untuk setiap produk. 

Setelah itu, Anda dapat fokus menyediakan merek-merek tersebut. Cara ini dapat membantu Anda terhindar dari penumpukan stok barang yang tidak terjual karena kurang diminati pelanggan. 

Memiliki warung dengan merek yang beragam tentu saja baik. Namun, memiliki warung dengan barang yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, akan lebih membantu Anda untuk meningkatkan jumlah penjualan dan omzet.

2. Rancang Sistem Manajemen Stok yang Efektif

Sistem manajemen stok yang tidak efektif dapat berdampak pada penumpukan barang. Akibatnya, ada banyak barang yang tidak terjual hingga kedaluwarsa. Hal ini dapat menyebabkan kerugian dan penurunan omzet.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menerapkan sistem manajemen stok. Salah satunya sistem manajemen stok FIFO (First In First Out). Dengan sistem ini, barang yang terlebih dahulu dibeli dari pemasok, akan menjadi barang yang pertama kali dijual kepada pelanggan.

3. Tingkatkan Kualitas Layanan

Selain kelengkapan barang, kualitas layanan juga menjadi pertimbangan pelanggan saat berbelanja. Pelanggan akan lebih suka berbelanja di warung sembako dengan pelayanan yang ramah dan juga tanggap. 

Karena itu, pastikan Anda atau karyawan senantiasa melayani pelanggan dengan baik. Misalnya, dengan selalu menyapa pelanggan yang datang, dan mengucapkan terima kasih di akhir transaksi.

Dengan melakukan hal ini, diharapkan pelanggan akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik dan menjadi pelanggan yang loyal di warung Anda.

4. Analisis Pesaing di Sekitar Lokasi Warung Sembako

Menganalisis pesaing dapat membantu Anda mengidentifikasi celah perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan warung. Anda dapat memperhatikan beberapa aspek dari kompetitor, seperti harga yang ditawarkan, cara penyusunan barang, kualitas pelayanan, hingga jumlah dan keragaman barang.

Perhatikan juga kelebihan dan kelemahan pesaing. Setelah itu, Anda dapat mulai melakukan perbaikan dengan mencontoh kelebihan pesaing, dan memaksimalkan aspek yang menjadi kelemahan pesaing di warung sembako Anda.

5. Buat Penawaran Menarik

Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat membuat penawaran seperti diskon atau paket bundling. Misalnya membeli mi instan sebanyak 4 pcs gratis 1 pcs, atau membeli minyak goreng dan beras secara bersamaan berhadiah potongan harga sekian persen.

Selain mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak, sistem penawaran ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghabiskan stok produk yang hampir mendekati masa kedaluwarsa. Dengan begitu, Anda dapat mencegah adanya kerugian dalam jumlah besar.

Baca Juga: 8 Langkah Awal Memulai Usaha Warung Sembako Sendiri

6. Bangun Hubungan Baik dengan Pemasok

Membangun hubungan baik dengan pemasok dapat memberi Anda banyak manfaat. Salah satunya, Anda dapat melakukan negosiasi harga saat pembelian barang dalam jumlah tertentu, agar mendapatkan harga yang lebih rendah. 

Beberapa pemasok, pada umumnya juga suka memberikan promo kepada warung sembako yang loyal dan memiliki hubungan baik dengan mereka.

7. Berikan Tambahan Opsi Pembayaran

Saat ini, metode pembayaran cashless sudah sangat populer dengan adanya kemajuan teknologi. Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah pilihan metode pembayaran di warung Anda, misalnya dengan menggunakan Qris atau transfer bank dan dompet digital.

Memperbanyak opsi pembayaran dapat membantu meningkatkan kenyamanan berbelanja bagi pelanggan Anda, terutama bagi pelanggan yang lebih menyukai opsi pembayaran cashless. 

8. Perbanyak Jenis Layanan 

Selain menjual produk sembako, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambah jenis layanan di warung Anda. Misalnya dengan menyediakan layanan pembayaran listrik, air PDAM, dan pengisian pulsa atau data. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan omzet dari biaya jasa yang Anda terima.

9. Tata Produk dengan Baik dan Rapi

Penataan produk yang baik dan rapi, dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan Anda. Pelanggan akan lebih mudah menemukan barang-barang yang mereka butuhkan dan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak.

Selain itu, penataan produk yang baik dan rapi, juga membantu menghindarkan adanya barang-barang yang tidak terjual karena terselip atau berada di tempat yang susah ditemukan.

Baca Juga: Belanja Barang Jadi Lebih Mudah dengan Aplikasi AwanToko

10. Manfaatkan Kehadiran Teknologi

Anda dapat memanfaatkan kehadiran teknologi untuk meningkatkan omzet warung dengan melakukan penjualan online. Misalnya, dengan membuat program pemesanan barang melalui whatsapp, dengan keuntungan pengantaran gratis dalam jumlah belanja tertentu. 

Bergabung dengan menjadi mitra beberapa aplikasi penyedia layanan belanja online juga dapat menjadi pilihan. Ini akan membantu Anda menjangkau pelanggan lebih banyak.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kehadiran teknologi dengan berbelanja stok barang menggunakan aplikasi AwanToko. Dengan aplikasi AwanToko, Anda dapat berbelanja stok barang di grosir sembako mitra AwanToko secara online, tanpa harus menutup dan meninggalkan warung dalam waktu yang lama.

Barang yang sudah dipesan, nantinya akan dipersiapkan dengan lebih baik oleh Grosir sehinggan bisa langsung diambil tanpa perlu mengantre. Tentunya, metode ini dapat membantu menghemat waktu belanja stok Anda.

Bagi Anda yang memiliki kendala permodalan dalam pengadaan stok barang, aplikasi AwanToko juga menyediakan layanan AwanTempo. Dengan layanan ini, Anda dapat mengajukan dukungan permodalan secara online, dengan persyaratan yang mudah dan proses yang relatif cepat.

Layanan AwanTempo juga telah memiliki izin dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan itu, Anda bisa mendapatkan dukungan permodalan yang terjamin legalitasnya.

Itulah tadi 10 cara meningkatkan omzet warung sembako yang bisa Anda lakukan untuk warung Anda. Segera unduh aplikasi AwanToko di Google Play Store dan mulai tingkatkan omzet warung sembako Anda!

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Banner layanan bantuan permodalan AwanTempo untuk warung sembako
Dapatkan bantuan permodalan untuk warung Anda sekarang!

Artikel Lainnya