Seorang penjaga warung laki-laki mengatur pajangan barang di warung sembako
September 22, 2023

Beberapa pemilik Toko Sembako dan Produk FMCG terkadang luput untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap pajangan produk yang ada di tokonya. Padahal, memperhatikan pajangan produk di Toko Sembako dan Produk FMCG merupakan hal yang cukup penting.

Pajangan produk yang rapi dan teratur dapat membantu Anda mengelola stok dengan lebih baik, mencegah resiko barang kedaluwarsa karena terselip, dan yang paling utama tentunya memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatur pajangan produk agar Toko Sembako Anda bisa jadi lebih rapi. Berikut 4 cara mengatur pajangan produk yang telah kami rangkum untuk Anda. 

1. Kelompokan produk berdasarkan jenis dan kategori masing-masing

Agar produk di Toko Sembako dan Produk FMCG Anda mudah ditemukan dan terlihat teratur, Anda dapat mengelompokkan setiap produk berdasarkan jenis dan kategorinya masing-masing.

Misalnya, setiap barang disusun berdasarkan kategori seperti makanan ringan, minuman, produk kebersihan dan lain-lain. Lalu, Anda juga dapat membuatnya lebih teratur dengan mengelompokkan setiap kategori barang berdasarkan jenisnya.

Contohnya, Anda dapat menyusun kategori produk detergen berdasarkan jenisnya, detergen cair dan detergen bubuk. Mengatur pajangan produk dengan cara ini dapat membuat barang-barang Anda terlihat lebih rapi dan teratur.

Namun, pastikan juga Anda memperhatikan kesesuaian antara setiap kategori produk yang disusun berdekatan. Jangan sampai Anda menyusun kategori produk yang beracun seperti obat nyamuk dan cairan pembersih di dekat produk makanan dan minuman. 

2. Kombinasikan tempat pajangan di Toko Sembako dan Produk FMCG

Setelah mengelompokkan produk sesuai dengan kategori dan jenisnya, cara mengatur pajangan produk selanjutnya adalah dengan mengkombinasikan tempat pajangan yang ada di Toko Sembako Anda.

Produk yang Anda jual tentunya terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Untuk memastikan semua produk di Toko Anda terpajang dengan rapi dan mudah dilihat, Anda dapat menyiapkan kombinasi tempat pajangan.

Tempat pajangan berupa rak pajang dengan bentuk bertingkat dapat Anda gunakan untuk memudahkan penyusunan produk berdasarkan jenis dan kategorinya.

Sementara tempat pajangan berupa etalase kaca, dapat digunakan untuk menyusun produk-produk yang kecil dan ringan, seperti produk rokok, obat-obatan, dan alat tulis. 

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan pajangan berupa rak gantung untuk menggantung produk yang tersedia dalam kemasan sachet dan renceng. 

3. Batasi kuantitas produk yang dipajang

Hindari menyusun semua stok yang ada sekaligus, terutama jika Anda memang membeli setiap produk dalam jumlah banyak. Cara penyusunan barang seperti ini dapat menyebabkan rak pajangan Anda menjadi terlalu penuh dan berantakan.

Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi kuantitas produk yang dipajang dengan jumlah secukupnya. Sementara itu, sisa stok yang ada dapat disimpan di gudang atau tempat khusus penyimpanan stok.

Untuk memaksimalkan manajemen stok, Anda juga dapat memanfaatkan metode FIFO (First In First Out) dalam mengatur pajangan produk Anda.

Metode FIFO adalah metode manajemen stok di mana barang yang dibeli terlebih dahulu adalah barang yang dikeluarkan, dipajang, dan dijual terlebih dahulu. Metode ini bermanfaat untuk mencegah adanya stok yang kedaluwarsa karena dijual belakangan.

4. Buat label harga yang sesuai untuk setiap produk

Setelah memastikan semua produk terpajang dengan rapi dan sesuai kategori, Anda dapat membuat label harga untuk setiap produk yang ada. Pemberian label harga pada setiap barang dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengetahui harga barang yang ingin dibeli.

Pastikan setiap label harga dibuat dan ditempatkan sesuai dengan produknya masing-masing. Label harga yang tidak sesuai dengan produk dapat menyebabkan kebingungan bagi pelanggan.

Untuk meningkatkan jenis produk dan jumlah stok di Toko Sembako dan Produk FMCG Anda, Anda bisa memanfaatkan layanan bantuan modal usaha AwanTempo yang tersedia dalam aplikasi Android AwanToko.

Dengan AwanTempo, proses pemenuhan modal usaha untuk Toko Sembako dan Produk FMCG Anda dapat menjadi lebih cepat dan mudah.

Sementara bagi pemilik Grosir, Anda dapat mengajukan bantuan permodalan dengan layanan Bantu Modal yang bisa Anda akses melalui website AwanToko Pro. Layanan Bantu Modal ini dapat Anda ajukan secara online dengan persyaratan yang relatif mudah.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Artikel Lainnya