Warung sembako memainkan peran yang cukup penting di masyarakat. Pasalnya,...
Dalam dunia bisnis, terdapat banyak jenis industri dengan fokus penawaran produk atau jasa yang berbeda, salah satunya adalah industri FMCG. Di Indonesia, industri FMCG adalah salah satu industri yang menjanjikan. Apa itu FMCG? Apa saja jenis dan contoh produk FMCG serta bagaimana peluang bisnisnya di Indonesia?
Artikel ini akan membahas mengenai pengertian, jenis, dan contoh produk FMCG yang perlu Anda ketahui. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:
Apa itu FMCG?
FMCG adalah singkatan dari Fast Moving Consumer Goods. Sesuai dengan istilahnya, produk FMCG adalah barang-barang konsumen yang digunakan atau dikonsumsi sehari-hari dan habis dalam waktu yang relatif cepat. Karena habis dalam waktu yang relatif cepat, perputaran produk FMCG di pasaran juga terbilang cepat dan dinamis.
Barang-barang yang termasuk ke dalam kategori produk FMCG umumnya memiliki karakteristik berupa harga yang terjangkau, mudah ditemukan, dan memiliki masa simpan yang tidak terlalu lama. Selain itu, produk FMCG cenderung memiliki sifat konsumsi yang berulang.
Artinya, konsumen seringkali membeli produk tersebut secara teratur dan berkala untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Karena itu, permintaan produk di pasaran cenderung tinggi, stabil, dengan jumlah yang dapat diprediksi.
Dengan adanya jumlah permintaan yang tinggi, produk FMCG umumnya diproduksi dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Di pasaran, satu jenis produk dapat dijual dalam berbagai merek dengan harga yang variatif sesuai dengan target pasarnya.
Dalam Industri FMCG, pelaku usaha harus selalu responsif terhadap tren pasar dan memperhatikan perubahan perilaku konsumen. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi selalu relevan dengan kebutuhan konsumen dan mampu bersaing dengan kompetitornya.
Baca juga: Tips Sukses dalam Bisnis Grosir dan Warung Industri FMCG dan Sembako
Industri FMCG di Indonesia
Industri FMCG di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting dan berkembang pesat. Mengingat tingginya jumlah penduduk di Indonesia, industri FMCG di negeri ini memiliki prospek yang sangat baik. Di satu sisi, hal tersebut juga menimbulkan adanya persaingan ketat antara pelaku usaha di industri ini.
Dari sisi konsumen, persaingan tersebut memberikan keuntungan karena banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan produk berkualitas baik dengan harga seekonomis mungkin. Hal itu memberikan pilihan produk yang beragam bagi konsumen.
Nama perusahaan besar seperti Indofood, yang melahirkan produk Indomie, dan Wings Group, yang memproduksi Mie Sedap, merupakan contoh dari perusahaan FMCG yang ada di Indonesia.
Ragam Jenis dan Contoh Produk FMCG
Jenis produk FMCG dapat dikelompokkan berdasarkan kegunaannya dalam aktifitas sehari-hari. Berikut uraian lebih lengkap mengenai jenis-jenis dan contoh produk FMCG yang ada di pasaran:
- Makanan dan Minuman:
- Beras
- Gula pasir
- Minyak goreng
- Susu
- Teh & Kopi
- Mie instan
- Minuman kemasan (air mineral, teh botol, minuman bersoda)
- Produk Perawatan Pribadi:
- Sabun mandi
- Pasta & Sikat gigi
- Hand & Body lotion
- Produk perawatan rambut (shampo, conditioner, minyak rambut)
- Pembersih wajah
- Pembalut
- Produk perawatan bayi (bedak bayi, minyak telon)
- Produk Rumah Tangga:
- Sabun cuci piring
- Cairan Pembersih lantai
- Pengharum ruangan
- Tisu
- Detergen
- Pelembut pakaian
- Produk Kesehatan dan Kebersihan:
- Obat-obatan
- Vitamin dan suplemen
- Alat kesehatan (plester luka, termometer)
- Antiseptik (alkohol, hand sanitizer)
- Perawatan mulut (dental floss, mouthwash)
- Produk anti nyamuk (lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar)
Selain daftar di atas, masih banyak sekali produk lainnya yang termasuk ke dalam kategori FMCG. Selama suatu produk sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta memiliki masa pakai yang relatif singkat dan cepat habis, maka barang tersebut tergolong ke dalam produk FMCG.
Baca juga: Industri FMCG dan Pelaku di Dalamnya
Peluang Usaha di Bidang Penjualan Produk FMCG
Setelah mengetahui apa itu FMCG dan dan memahami tingginya permintaan masyarakat terhadap produk tersebut, kita dapat mengetahui bahwa usaha di bidang penyaluran dan penjualan merupakan salah satu ide bisnis yang menarik sekaligus berpeluang besar.
Konsumen yang terdiri dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat yang membutuhkan produk FMCG dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan usaha ini memiliki target pasar yang sangat luas. Selain itu, pasar FMCG juga memiliki pasar yang stabil dan memiliki potensi pertumbuhan yang bagus di Indonesia.
Meskipun keuntungan yang didapat dari penjualan sebuah produk terbilang kecil, jangan lupa bahwa setiap jenis produk memiliki volume permintaan yang relatif besar. Sehingga, bukan tidak mungkin Anda dapat meraup omzet jutaan setiap bulannya.
Bagi Anda yang memerlukan bantuan modal untuk memulai usaha penjualan produk FMCG ataupun ingin memperluas skala usaha yang telah berjalan, Anda dapat mengajukan permintaan bantuan modal yang disediakan oleh AwanToko.
Layanan AwanTempo, melalui aplikasi AwanToko yang dapat diunduh melalui Play Store atau Appstore, diperuntukkan untuk permintaan pengajuan modal bagi pengusaha warung. Layanan Bantu Modal melalui sistem AwanToko Pro diperuntukkan untuk permintaan pengajuan modal bagi pengusaha grosir yang ingin memperluas skala usaha.
Melalui proses pengajuan online yang cepat dengan persyaratan yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan layanan perbankan yang ada, AwanToko siap menemani perjalanan Anda dalam memulai dan memperluas bisnis.
Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko