Kegiatan mengelola warung sembako

Warung sembako adalah jenis usaha yang memiliki potensi besar apabila Anda mengetahui bagaimana cara mengelolanya dengan baik. 

Namun, kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian pemilik warung adalah menyangka bahwa kegiatan mengelola warung hanya sekadar berbelanja stok barang dan melayani pelanggan saja.

Padahal, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengelola warung sembako Anda agar lebih berkembang dan maju. 

Untuk itu, dalam artikel kali ini AwanToko akan membagikan informasi terkait tujuh kegiatan mengelola warung selain berbelanja stok barang dan melayani pelanggan yang dapat Anda lakukan.

Kegiatan Mengelola Warung Sembako Secara Rutin

Agar hasil dari kegiatan mengelola warung sembako yang Anda lakukan dapat memberikan hasil yang efektif, sebaiknya kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dan berkala. Berikut enam kegiatan tersebut:

1. Menganalisis Penjualan

Menganalisis penjualan dilakukan untuk mengetahui performa warung. Anda dapat mencatat penjualan harian dan membandingkannya secara mingguan dan bulanan. Penjualan yang stabil atau meningkat secara berkala menunjukkan performa yang baik.

Namun, jika ditemukan terjadinya penurunan, cobalah untuk mencari tahu penyebabnya dan mencari solusi. 

Misalnya apakah karena barang yang Anda jual tidak sesuai dengan minat pelanggan, atau kurangnya kualitas pelayanan warung yang membuat pelanggan enggan berbelanja di warung Anda.

2. Memeriksa Kesehatan Keuangan Warung

Tidak punya ilmu keuangan? Tidak masalah. Memeriksa kesehatan keuangan warung dapat dilakukan secara sederhana. Anda dapat menghitung total pendapatan warung dan dikurangi dengan total biaya yang dikeluarkan, seperti biaya belanja stok, gaji karyawan (jika ada), dan biaya operasional lainnya. 

Hasil dari perhitungan tersebut akan menunjukkan laba atau keuntungan yang didapatkan warung Anda. Apabila laba warung Anda stabil atau meningkat, menandakan bahwa keuangan warung Anda sehat. 

Jika sebaliknya, mengalami penurunan atau bahkan minus, maka artinya Anda mengalami kerugian dan harus melakukan evaluasi. Lakukan pemeriksaan ini secara berkala untuk memastikan warung Anda selalu dalam keadaan sehat.

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Keuangan Warung Sembako

3. Melakukan Stock Opname 

Stock Opname merupakan kegiatan menghitung jumlah fisik stok barang yang tersedia untuk kemudian dicocokkan dengan jumlah yang tertera dalam catatan pembukuan atau data stok barang. Tujuan utama dilakukannya stock opname adalah untuk mengetahui jumlah dan kondisi barang di warung Anda.

Misalnya seperti, apakah ada barang yang stoknya tersisa sedikit dan harus segera dilakukan pengadaan kembali, atau apakah ada barang yang rusak atau telah mendekati masa expired sehingga harus segera ditangani.

Jika warung kecil, apakah tetap perlu dilakukan stock opname? Tentu saja. Berapapun ukuran warung sembako Anda, stock opname tetap penting untuk dilakukan. 

Tidak perlu dilakukan secara kompleks, stock opname bisa dilakukan dengan pembuatan catatan berisi nama barang, tanggal masuk dan keluar, serta jumlah masuk dan keluar. 

Perbaharui catatan ini secara berkala, agar ketersediaan stok di warung Anda selalu terjaga dan tersedia dalam jumlah yang cukup. 

4. Menyusun dan Merapikan Stok

Terdengar sederhana, namun menyusun dan merapikan stok secara berkala memegang peranan penting terhadap performa warung Anda. Stok warung yang tersusun secara rapi dan teratur tidak hanya akan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan namun juga memudahkan anda untuk mengambil dan memonitor stok yang ada. 

Beda halnya jika stok di warung Anda berantakan atau bahkan berdebu, pembeli akan enggan berbelanja dan penilaian terhadap warung Anda juga akan menurun. Lakukanlah kegiatan ini secara berkala agar warung Anda senantiasa rapi dan bersih.

5. Perhatikan Permintaan Pelanggan

Pelanggan warung sembako di setiap daerah memiliki preferensi merek dan produk tertentu. Misalnya, pelanggan warung di daerah A lebih menyukai mi instan rasa A dan B, sementara pelanggan warung di daerah B lebih menyukai mi instan rasa C dan D.

Tugas Anda sebagai pemilik warung adalah memperhatikan permintaan dan preferensi mereka terhadap produk tertentu. Anda juga dapat mencatatnya jika dirasa perlu. 

Nantinya, produk atau merek dengan permintaan terbanyak akan dijadikan landasan dalam menentukan produk apa saja yang akan disediakan warung Anda ke depannya. 

6. Putar Modal untuk Mengembangkan Warung

Agar warung Anda dapat semakin berkembang, laba yang Anda dapatkan sebaiknya disisihkan untuk diputar kembali sebagai modal. Dengan modal tersebut, Anda bisa memperbanyak pilihan jenis dan merek dari produk yang Anda jual, atau menambah produk baru.

Membeli perlengkapan pendukung untuk Warung Anda juga adalah opsi yang baik. Misalnya untuk membeli komputer agar bisa menyediakan layanan pembayaran listrik dan air, atau menjual gas elpiji dan produk lain yang belum tersedia di warung Anda. Dengan begini, warung Anda dapat tumbuh dan berkembang secara perlahan.

Itulah tadi 6 kegiatan mengelola warung yang bisa Anda lakukan secara berkala agar warung Anda semakin berkembang dan besar.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Omzet Warung Sembako

Selain 6 kegiatan di atas, Anda juga dapat mengembangkan warung dengan menggunakan layanan bantuan permodalan yang disediakan oleh AwanToko.

Melalui aplikasi AwanToko, Anda dapat mengakses menu AwanTempo untuk mengajukan bantuan permodalan bagi warung Anda.Bantuan permodalan ini dapat diajukan tanpa jaminan aset, serta dengan limit yang fleksibel.dan biaya admin yang ringan. Tidak perlu cemas, karena layanan bantuan permodalan ini juga terdaftar dan diawasi secara langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga terjamin kredibilitasnya. 

Nantinya, bantuan permodalan ini dapat Anda gunakan untuk berbelanja stok barang di grosir sembako yang telah menjadi mitra AwanToko.

Baik pengajuan bantuan permodalan maupun berbelanja stok barang, dapat Anda lakukan secara online melalui aplikasi AwanToko. Dengan proses yang cepat, mengembangkan warung jadi semakin mudah! 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website AwanToko atau hubungi customer service kami. Segera download aplikasi AwanToko di Google Play Store dan jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Banner layanan bantuan permodalan AwanTempo untuk warung sembako
Dapatkan bantuan permodalan untuk warung Anda sekarang!

Artikel Lainnya