Toko sembako Untung lebih besar dengan menu “Atur Stok”
May 26, 2024

Strategi pengelolaan stok menjadi sangat penting bagi pemilik grosir sembako dan produk FMCG untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Untuk itu, AwanToko menyediakan sistem AwanToko Pro dengan salah satu fitur layanan unggulan, yakni menu “Atur Stok”, untuk membantu pemilik grosir dalam mengelola stok barang.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait layanan tersebut, dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu menu “Atur Stok” dan keuntungan apa yang bisa didapatkan dengan menggunakan menu tersebut. Berikut uraian lengkapnya:

Apa Itu Menu Atur Stok?

Atur Stok merupakan salah satu dari lima fitur layanan pada sistem AwanToko Pro yang disediakan untuk grosir sembako. Fitur ini dihadirkan untuk mendigitalisasi kegiatan manajemen stok di grosir, sehingga pemilik grosir dapat melakukan pencatatan stok secara digital.

Dengan menu ini, pemilik grosir dapat memonitor secara real-time, jumlah stok yang tersisa untuk tiap produk tanpa harus menghitung secara manual.

Dalam sistem AwanToko Pro, menu Atur Stok terintegrasi dengan menu Kasir, yang merupakan fitur layanan yang dapat dimanfaatkan pemilik grosir untuk melakukan pencatatan transaksi jual beli secara digital.

Sisa stok barang setelah transaksi jual beli yang dicatat dengan menu Kasir, nantinya akan terupdate secara otomatis pada jumlah stok yang tertera di menu “Atur Stok”.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Kreatif untuk Grosir Sembako

Keuntungan Menggunakan Menu Atur Stok

Sebagai pemilik grosir, berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan menu Atur Stok untuk kegiatan pengelolaan stok barang di grosir Anda:

1. Akurasi Pencatatan yang Lebih Baik

Dengan pencatatan operasional secara manual, sangat beresiko adanya kesalahan akibat human error atau kesalahan manusia. Hal tersebut dikarenakan manusia tidak luput dari kelelahan, ketidaktelitian, hingga kelalaian saat mengelola berbagai kegiatan operasional.

Oleh karena itu, mungkin sekali terjadi kesalahan atau kelalaian pada pencatatan. Kesalahan seperti ini dapat mengganggu efisiensi operasional dan bahkan dapat menyebabkan kerugian.

Misalnya, produk yang stoknya sudah menipis harus segera dilakukan pengadaan kembali untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun, karena stok barang tidak diperbaharui dengan baik, tercatat bahwa stok produk masih tersisa dalam jumlah banyak. Akibatnya, grosir tidak dapat memenuh permintaan pelanggan saat ada permintaan terhadap produk tersebut.  

Selain itu, dengan menggunakan Atur Stok yang terintegrasi dengan menu Kasir, pencatatan stok barang dapat lebih akurat dan terupdate secara real time. Selain itu, data stok dan operasional Anda juga dapat terjaga dengan lebih baik.

2. Efisiensi Waktu

Dengan sistem pencatatan yang selalu terupdate secara real time, proses pencatatan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Pengelolaan dan pencatatan stok juga tidak perlu lagi dilakukan secara manual. Sehingga, waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk kegiatan operasional lainnya.

3. Pembuatan Keputusan yang Lebih Baik

Menu Atur Stok membuat Anda memiliki akses langsung pada data jumlah stok dan penjualan secara real time, sehingga dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan terkait stok. Misalnya seperti kapan harus melakukan restock dan kapan harus melakukan program promosi untuk barang yang kurang diminati dan hampir kedaluwarsa.

Selain itu, melalui menu ini Anda bisa mengetahui barang mana yang peminatnya banyak, dengan barang yang peminatnya kurang. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui pola pembelian pelanggan dan mempertimbangkan dalam mengatur stok barang dengan bijak.

Pemahaman seperti ini dapat membantu Anda untuk membuat keputusan dan mengatur strategi penjualan dengan lebih baik dalam mengelola grosir Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Atur Stok dan layanan AwanToko Pro lainnya, Anda dapat mengunjungi sistem AwanToko Pro atau menghubungi customer service kami. Gunakan AwanToko Pro untuk kelola stok grosir Anda dan dapatkan keuntungan yang berlipat.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Artikel Lainnya