Beberapa contoh barang yang wajib ada di warung sembako

Barang apa saja yang wajib ada di warung sembako Anda? Simak daftarnya berikut ini!

Usaha warung sembako merupakan jenis usaha yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Oleh karena itu, jenis barang yang dijual di warung sembako bisa sangat beragam.

Nah, bagaimana jika Anda merupakan pemilik warung pemula dengan modal terbatas atau pemilik warung yang ingin mengoptimalkan modal untuk membeli stok barang yang laris dijual? 

Anda bisa menyimak rangkuman AwanToko mengenai 15 barang yang wajib ada di warung sembako Anda berikut ini!

Barang Paling Laris yang Wajib Ada di Warung Sembako

Daftar barang yang wajib ada di warung sembako ini didasarkan pada seberapa sering barang tersebut dibutuhkan sehari-hari, serta seberapa cepat barang tersebut habis digunakan. Berikut daftar lengkapnya:

1. Beras

Sebagai bahan makanan pokok masyarakat Indonesia, beras menjadi kebutuhan sehari-sehari yang paling dibutuhkan. Untuk mengoptimalkan modal, Anda dapat menjual 2 – 3 jenis beras dengan harga dan kualitas yang berbeda untuk memberikan pilihan bagi pelanggan. 

2. Minyak Goreng

Untuk minyak goreng, Anda dapat menyediakan 1 – 2 merek minyak goreng dengan beberapa ukuran mulai dari 200 ml, 500 ml, hingga 1 dan 2 liter. Sebagai variasi pilihan, Anda juga bisa menyediakan minyak goreng jenis curah tanpa merek.

3. Telur

Karena telur merupakan jenis barang yang dapat membusuk, pilihlah supplier telur yang berkualitas dan sediakan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak namun stabil setiap harinya. Jangan lupa untuk memastikan tempat penyimpanan yang aman karena telur sangat mudah pecah atau dirusak oleh hama tikus

4. Mi Instan

Mi instan merupakan produk yang akan selalu dicari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari  ibu rumah tangga hingga anak kost. Untuk itu, Anda bisa menyediakan beberapa merek dan varian mi instan yang paling sering dicari oleh pelanggan warung Anda.

5. Rokok

Peminat rokok akan selalu ada di setiap daerah. Anda bisa menyediakan beberapa jenis dan merek rokok bagi pelanggan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual rokok secara eceran karena selain lebih tinggi permintaanya, keuntungan yang didapat juga lebih besar.

Baca Juga: Rokok, Salah Satu Produk dengan Penjualan Terbesar di Indonesia

6. Gula

Dua jenis gula yang paling sering dicari untuk kebutuhan memasak sehari-hari adalah gula pasir dan gula merah. Namun, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyediakan gula halus saat bulan puasa atau perayaan hari besar lainnya.

7. Teh dan Kopi

Teh dan kopi merupakan dua jenis minuman favorit yang sering dicari masyarakat. Untuk teh, Anda bisa menyediakan teh dalam bentuk kotak atau sachet. Sementara untuk kopi bisa Anda sediakan dalam bentuk kopi bubuk kemasan atau timbang, dan kopi instan sachet.

8. Tepung 

Jenis tepung yang dapat Anda sediakan di warung antara lain tepung terigu, tepung jagung (maizena), tepung beras, dan tepung serbaguna.

9. Bumbu dan Penyedap Rasa Makanan

Kedua jenis produk ini adalah produk yang paling sering dicari, terutama jika warung Anda berada di sekitar pemukiman warga. Berikut beberapa bumbu dan penyedap rasa yang bisa Anda sediakan di warung Anda:

  • Garam
  • Micin
  • Kaldu ayam/sapi bubuk
  • Lada bubuk
  • Kecap
  • Saos
  • Bumbu instan sachet

10. Sabun

Produk sabun yang wajib ada di warung terdiri dari dua jenis:

  • Sabun mandi: dapat disediakan dalam beberapa merek dan varian, seperti sabun batang atau sabun cair.
  • Sabun cuci piring: dapat disediakan dalam ukuran paling kecil hingga 500 ml.

11. Deterjen & Pewangi Pakaian

Selain deterjen, pewangi pakaian juga sering dicari di warung, terutama untuk ukuran sachet 10 ml dan 20 ml. Untuk memberikan pilihan bagi pelanggan, sediakan pewangi dalam beberapa merek dan varian berbeda.

12. Shampoo dan Kondisioner

Kedua jenis produk ini dapat Anda sediakan dalam bentuk sachet 10 ml atau botol dari ukuran 70 ml, 170 ml, hingga 340 ml, sesuaikan dengan skala warung Anda.

13. Makanan Ringan

Meskipun memiliki margin keuntungan yang kecil, makanan ringan jadi salah satu produk paling laris di pasaran. Anda dapat menjual beberapa jenis makanan ringan seperti biskuit, wafer, keripik, permen, dan lainnya yang sering dicari pelanggan.

14. Air Mineral

Air mineral jadi produk selanjutnya yang wajib ada di warung. Mulai dari air mineral kemasan gelas 240 ml, hingga air mineral botol dalam ukuran 330 ml, 600 ml, 700 ml, hingga 1500 ml. Jika memungkinkan dan warung Anda mempunyai ruang yang cukup, Anda juga dapat menyediakan air mineral galon 15/19 L untuk menambah pendapatan.

15. Pembalut dan Popok Bayi

Meskipun hanya digunakan oleh wanita dan bayi, permintaan pembalut dan popok cenderung lumayan banyak setiap harinya. Anda dapat menyediakan pembalut di warung Anda dalam kemasan sachet isi 2 pcs atau kemasan kecil isi 8 pcs, untuk varian pagi dan malam hari. Sementara pampers dapat disediakan dalam kemasan sachet satuan.

Itulah tadi daftar 15 barang yang wajib ada di warung sembako Anda. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Omzet Warung Sembako Agar Lebih Untung

Jika Anda merupakan pemilik warung sembako yang ingin meningkatkan stok barang di warung namun terkendala modal, AwanToko punya solusinya!

Melalui aplikasi AwanToko, Anda dapat mengakses menu AwanTempo untuk mengajukan bantuan permodalan bagi warung Anda. Bantuan permodalan ini dapat diajukan tanpa jaminan aset, serta dengan limit dan biaya admin yang fleksibel.

Tidak perlu cemas, karena layanan bantuan permodalan ini juga berizin dan diawasi secara langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga terjamin kredibilitasnya. 

Nantinya, bantuan permodalan ini dapat Anda gunakan untuk berbelanja stok barang di grosir sembako yang telah menjadi mitra AwanToko.

Baik pengajuan bantuan permodalan maupun berbelanja stok barang, dapat Anda lakukan secara online melalui aplikasi AwanToko. Dengan proses yang cepat, permasalahan kurangnya modal yang menghambat operasional warung Anda dapat segera diselesaikan.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website AwanToko atau hubungi customer service kami. Segera download aplikasi AwanToko dan ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko!

Artikel Lainnya