Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan Ultra Milk, salah...
Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan Ultra Milk, salah satu produk susu kemasan besutan PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (Ultrajaya).
Ultrajaya sendiri merupakan salah satu pionir di Industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) Indonesia yang berdiri sejak 1958.
Simak perjalanan Ultrajaya yang bermula dari industri rumahan hingga menjadi salah satu produsen minuman kemasan terbesar di Indonesia berikut ini!
Sejarah Ultrajaya Milk
Dalam website resmi Ultrajaya, disebutkan bahwa produksi susu Ultrajaya dimulai dari industri rumahan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.
Dimulai sejak tahun 1958, pada mulanya produksi susu Ultrajaya masih menggunakan cara sederhana.
Seiring perkembangannya, Ultrajaya kemudian secara resmi beralih menjadi perseroan terbatas dengan nama PT Ultrajaya Milk Industry pada tahun 1971.
Pada pertengahan 1970-an, Ultrajaya mengadopsi teknologi UHT dan pengemasan antiseptik. Adopsi teknologi ini kemudian melahirkan produk susu UHT Ultra Milk, yang secara resmi diperkenalkan pada tahun 1975.
Kelahiran Ultra Milk ini membawa pertumbuhan signifikan bagi Ultrajaya, yang kemudian menghasilkan banyak produk yang masih eksis hingga saat ini. Seperti “Buavita” yang diluncurkan pada tahun 1978 dan “Teh Kotak” pada tahun 1981.
Inovasi UHT yang Mengubah Pasar
Sempat disinggung sedikit sebelumnya, apa sebenarnya teknologi UHT yang mengantarkan Ultrajaya pada kesuksesan?
Secara sederhana, teknologi UHT atau Ultra High Temperatur merupakan teknologi yang memungkinkan susu diproses dalam suhu tinggi dalam waktu singkat.
Proses ini mampu membunuh bakteri tanpa merusak nutrisi di dalam susu, sehingga susu yang dihasilkan dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet.
Ultra Milk yang dihasilkan dengan teknologi UHT dikombinasikan dengan pengemasan antiseptik, membuat susu ini bisa disimpan dalam suhu ruang dalam jangka waktu panjang.
Ragam Produk Unggulan Ultrajaya
Hingga saat ini, Ultrajaya Milk telah menghadirkan lebih dari 60 produk. Berikut beberapa produk unggulan Ultrajaya yang eksis di pasar Indonesia:
1. Ultra Milk
Sebagai salah satu produk unggulan Ultrajaya Milk, saat ini Ultra Milk telah tersedia dalam berbagai varian rasa: plain, cokelat, stroberi, dan vanilla.
Ultra Milk juga hadir dalam kemasan 125 ml, 250 ml, hingga 1 liter. Produk ini sangat populer di kalangan pelajar dan keluarga karena kualitasnya yang terjamin dan varian rasa yang disukai banyak orang.
2. Teh Kotak Sosro (Produk Lisensi oleh Ultrajaya)
Meski dikenal milik Sosro, Teh Kotak diproduksi oleh Ultrajaya sebagai bagian dari jaringan distribusinya.
Teh dalam kemasan ini menjadi pelengkap produk susu dan diminati oleh pelanggan dari berbagai usia. Varian seperti teh melati dan teh rasa buah memperkuat lini minuman siap saji Ultrajaya.
3. Ultra Sari Kacang Ijo
Minuman sehat berbasis kacang hijau ini menjadi pilihan konsumen yang mencari minuman bernutrisi, terutama ibu rumah tangga dan pekerja.
Produk ini banyak tersedia di warung kelontong maupun toko grosir, dan sering menjadi langganan pembelian dalam jumlah banyak karena dipercaya menyehatkan.
4. Ultra Mimi
Produk susu UHT untuk anak-anak dengan kemasan mini dan karakter lucu di kemasannya. Ultra Mimi tidak hanya enak, tapi juga mengandung nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak.
Produk ini menjadi incaran para orang tua dan sering dibeli secara grosir untuk konsumsi rumah tangga.
Baca Juga: 10+ Daftar Produk Ultrajaya dari Susu UHT sampai Teh Kotak
Peluang Bisnis bagi Warung dan Grosir
Ultrajaya Milk bukan sekadar pelopor dalam produk susu UHT, tapi juga merupakan salah satu pemain kunci dalam industri dan bisnis FMCG Indonesia.
Kepiawaian Ultra Jaya dalam beradaptasi dan melakukan inovasi membuat Ultrajaya masih tetap eksis hingga hari dalam industri bisnis FMCG.
Selain menghadirkan produk yang berkualitas bagi masyarakat, Ultrajaya juga membuka peluang bisnis bagi pihak yang ingin mendistribusikan produk mereka. Misalnya bagi pemilik grosir atau warung sembako dan produk FMCG.
Dengan tingginya permintaan akan produk Ultrajaya, pemilik grosir dan warung dapat meraih keuntungan stabil dengan menjual produk ini.
Produk-produk Ultrajaya juga memiliki perputaran stok cepat karena digemari dan dipercaya masyarakat luas.
Baca Juga: Mitra Kolaborasi AwanToko untuk Dukungan Permodalan Grosir dan Warung
Bagi Anda yang ingin melakukan pengadaan produk Ultrajaya namun terhalang modal, dapat memanfaatkan layanan bantuan permodalan dari AwanToko.
Pemilik warung dapat mengakses layanan bantuan permodalan khusus warung melalui fitur AwanTempo yang dapat diakses melalui aplikasi AwanToko. Sementara pemilik grosir, dapat mengakses fitur Bantu Modal melalui website AwanToko Pro.
Layanan bantuan permodalan ini dapat diakses secara online dengan proses yang mudah dan cepat. Tidak hanya terbatas pada produk Ultrajaya, Anda juga dapat memanfaatkan bantuan permodalan ini untuk membeli stok produk FMCG lainnya.
Dapat diakses secara online dengan proses yang mudah dan cepat, layanan bantuan permodalan AwanToko juga telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga terjamin keamanannya.
Yuk, Jadi #TemanUntungBareng AwanToko sekarang!

