5 variabel penentuan harga jual oleh grosir toko sembako dan produk FMCG
October 23, 2023

Bisnis Grosir Toko Sembako dan produk FMCG di Indonesia cenderung memiliki margin profit yang kecil untuk per-satuan produk yang dijualnya. Keuntungan besar baru akan dinikmati dari besarnya volume transaksi dan tingginya tingkat perputaran barang. Namun tidak cukup mudah untuk mencapai level keuntungan yang besar dengan mencapai kondisi yang disebutkan tadi.

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan selain meningkatkan penjualan. Anda bisa melakukan efisiensi dari kegiatan operasional toko Anda. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa mendapatkan tambahan keuntungan dari program promosi yang diberikan oleh Distributor Sembako dan produk FMCG yang Anda jual. Beberapa jenis program promosi yang bisa Anda dapatkan antara lain:

Beberapa Jenis Program Promosi Distributor untuk Memaksimalkan Keuntungan Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG

  • Program diskon bertingkat atau strata diskon

Prinsip utama program promosi dari Distributor adalah memberikan manfaat yang lebih besar kepada pelanggan seiring meningkatnya nilai transaksi. Pada program promosi ini pihak Distributor biasanya akan tetap memberikan diskon pada nilai transaksi yang tidak terlalu besar namun dengan benefit yang terbatas. Pelanggan Distributor akan menerima manfaat yang signifikan saat mereka melakukan transaksi dengan nilai besar, biasanya terjadi dalam satu kali transaksi. Contoh, setiap transaksi 10 karton akan mendapatkan diskon 0,25%, transaksi 25 karton mendapatkan diskon 0,5% dan transaksi 100 karton mendapatkan diskon 1%.

  • Program cash discount Toko Sembako

Program promosi cash discount bertujuan agar membuat Anda selaku pemilik Grosir Toko Sembako dan produk FMCG melakukan pembayaran secara tunai, baik sebelum barang diberikan (Cash Before Delivery – CBD) maupun dengan kondisi pembayaran saat barang diberikan (Cash On Delivery – COD). Manfaat bagi Distributor terkait dari program ini adalah adanya jaminan arus perputaran uang yang lebih baik. Program promosi ini akan sangat membantu Anda apabila produk yang dibeli adalah produk-produk yang sangat tinggi perputaran penjualannya. Oleh karena itu, Anda juga akan dengan cepat mendapatkan pembayaran tunai dari pelanggan Anda. Contoh, nilai transaksi adalah Rp 100 juta, namun anda ingin melakukan pembayaran secara CBD maka Anda bisa mendapatkan diskon sebesar 1% dari nilai transaksi atau sama saja Anda cukup membayar Rp 99 juta.

  • Program bundling atau jual paket

Program promo bundling dilakukan dengan cara menjual paket antara produk yang laku dengan produk yang kurang laku atau masih baru. Dengan memberikan harga yang lebih murah atau kesempatan membeli produk yang laku tersebut dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya. Program promosi bertujuan menjaga ketersediaan produk baru atau yang kurang laku di pasaran dengan meningkatkan penjualannya. Contoh, biscuit A adalah produk yang sangat laris dari Perusahaan FMCG Alfa yang dijual dengan harga Rp 50 ribu per karton. Saat ini, Perusahaan FMCG Alfa mengeluarkan produk wafer coklat baru dengan merek Z dengan harga Rp 45 ribu per karton. Untuk mendukung penjualan wafer coklat Z maka Perusahaan FMCG Alfa akan bekerjasama dengan Distributornya untuk membuat program bundling pembelian 10 karton biskuit A dan 1 karton wafer coklat Z yang seharusnya senilai Rp 545 ribu akan di jual dengan harga Rp 520 ribu saja.

Baca juga: Optimalisasi Program Promosi untuk Grosir Toko Sembako Anda

  • Program bonus produk 

Program bonus produk dilakukan dengan cara memberikan bonus produk yang sama atas pembelian suatu produk dengan persyaratan tertentu. Dengan memberikan bonus produk melalui kerjasama antara Perusahaan FMCG dan Distributor, diharapkan ketersediaan stok produk dalam kategori yang diperlukan. Sehingga stok di Grosir Toko Sembako dapat terpenuhi optimal melalui produk yang mendapatkan promo. Hal ini akan membuat Anda sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG akan mengurangi Pembelian stok produk pesaing. Contoh, obat flu merek DAB melakukan promosi dengan cara memberikan bonus 3 karton setiap Pembelian 50 karton. Kebutuhan jual obat flu di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda per bulan adalah 200 karton. Harapan dari DAB adalah Anda membeli setidaknya 150 karton dan akan mendapatkan bonus 9 karton sehingga Anda cukup membeli 41 karton produk pesaing.

  • Program cashback

Pihak Distributor dan Perusahaan FMCG tentu ingin Anda sebagai pemilik Grosir toko Sembako dan Produk FMCG yang juga merupakan pelanggan mereka akan melakukan Pembelian berulang terhadap produk-produk yang mereka tawarkan. Salah satu cara untuk membuat Anda melakukan Pembelian berulang adalah dengan cara melakukan program promosi cashback. Program cashback adalah memberikan insentif  atas transaksi Pembelian Anda hari ini yang baru bisa dimanfaatkan pada transaksi di lain waktu sebagaimana yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, pada tanggal 1 Juni Anda melakukan transaksi senilai Rp 500 juta untuk Pembelian rokok merek JAKARTA, dan Anda dinyatakan berhak mendapatkan cashback sebesar 1% atau senilai Rp 5 juta yang hanya dapat digunakan dalam periode 25-30 Juni.

  • Program target sales Toko Sembako

Bagi Distributor dan Perusahaan FMCG, mencapai target sales tiap periode adalah suatu kewajiban. Untuk membantu mereka melakukan kewajiban itu, maka mereka “membagi beban” target sales kepada pelanggan-pelanggannya, termasuk Anda. Penentuan program target penjualan bisa melibatkan berbagai variasi, termasuk total nilai transaksi, keterlibatan SKU tertentu, bahkan penghindaran jenis SKU tertentu. Hal itu merupakan kondisi-kondisi yang bisa terjadi dalam penentuan program target sales. Bentuk hadiah bisa beragam, seperti berupa produk, uang tunai, barang yang bernilai seperti logam mulia, elektronik dan kendaraan bermotor. Hal itu tergantung dengan budget dan rasio biaya yang ditetapkan oleh Distributor dan Perusahaan FMCG tersebut. Contoh, di Grosir toko Sembako dan Produk FMCG Anda menjual margarin Bla-Bla sebanyak rata-rata 100 karton perbulan. Anda diberikan program tantangan target sales selama 3 bulan untuk mencapai pembelian 350 karton dengan apresiasi Logam Mulia seberat 10 gram.

  • Program black bonus

Bentuk apresiasi dari yang Distributor atau Perusahaan FMCG yang Anda terima atau sesuai yang diperjanjikan sebelumnya membuat Anda memperhitungkan segalanya. Tidak adanya “elemen kejutan” sehingga Anda tidak merasakan keseruan dari menjual suatu produk. Terkadang Distributor dan Perusahaan FMCG memberikan apresiasi secara mendadak untuk memberikan “elemen kejutan” dan menimbulkan efek viralitas di pasar. Buat mereka, dengan tanpa adanya perjanjian maka sebenarnya mereka juga tidak punya kewajiban memberikan apapun kepada Anda selaku pelanggan. Contoh, hingga bulan Desember Grosir toko Sembako dan Produk FMCG milik Anda telah berhasil menjual 100 ribu karton kopi bubuk merek EMAS. Pada akhir tahun mendadak Anda diberitahukan bahwa Anda akan menerima hadian 25 gram Logam Mulia tanpa ada komitmen sebelumnya.

Program promosi dalam berbagai bentuk dijalankan oleh Distributor dan Perusahaan FMCG pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari perspektif mereka. Sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG, Anda juga dapat memanfaatkan promosi-promosi ini untuk mendapatkan tambahan keuntungan. Namun untuk mendapatkan keuntungan tersebut Anda harus memiliki kekuatan permodalan yang cukup.

Anda bisa menggunakan bantuan permodalan untuk berbelanja stok di layanan Bantu Modal yang tersedia di sistem AwanTokoPro. Dengan AwanToko Pro toko Anda tidak hanya dibantu melakukan digitalisasi operasional toko namun Anda juga dapat dibantu dengan dukungan untuk mendapatkan modal usaha yang mudah, cepat dan aman.

Kini saat nya Grosir toko Sembako dan produk FMCG harus lebih cerdas, tidak hanya dengan penggunaan teknologi namun juga dengan peningkatan akses ke modal usaha untuk pengembangan bisnis dan pada akhirnya peningkatan keuntungan usaha dan perbaikan kualitas hidup. 

Ayo, jadi #temanuntung bersama AwanToko.

Artikel Lainnya