Ilustrasi 6 Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Usaha Warung Sembako

Tips memilih lokasi usaha warung sembako merupakan hal penting yang harus Anda ketahui jika hendak memulai usaha sembako. Hal ini dikarenakan pemilihan lokasi menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan usaha.

Terutama bagi usaha sembako yang menyediakan kebutuhan harian masyarakat. Pemilihan lokasi yang baik dapat berpengaruh kepada jumlah pelanggan yang datang dan berbelanja di warung Anda.

Untuk itu, dalam artikel kali ini AwanToko akan membagikan 6 tips memilih lokasi usaha warung sembako agar usaha Anda dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut ulasan lengkapnya:

Tips memilih lokasi usaha Warung Sembako

Agar dapat memilih lokasi terbaik untuk warung sembako Anda, berikut beberapa hal penting yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Cari Lokasi yang Mudah Dilihat

Lokasi yang strategis untuk warung sembako umumnya terletak di pinggir jalan yang banyak dilewati oleh masyarakat. Anda dapat mencari lokasi yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, pasar, atau lokasi lainnya yang sesuai dengan target pasar Anda.

Perhatikan juga kebersihan di daerah sekitar. Jika Anda berencana untuk menjual produk minuman dan makanan ringan, Anda juga dapat mencari lokasi warung yang dekat dengan sekolah, kampus, atau rumah makan.

2. Cari Tahu Jumlah Pelanggan Potensial

Sebelum mentukan lokasi warung, cari tahu terlebih dahulu jumlah pelanggan potensial di sekitar lokasi sesuai dengan target pasar Anda. Jika Anda menargetkan pelanggan rumah tangga, perhatikan apakah daerah sekitar termasuk daerah pemukiman yang padat penduduk dan memiliki potensi pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Semakin banyak jumlah pelanggan potensial di sekitar lokasi warung, semakin besar potensi warung Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan setia.

3. Pilih Lokasi dengan Tingkat Persaingan Rendah

Semakin rendah tingkat persaingan di daerah sekitar lokasi warung, maka akan semakin baik. Warung Anda akan berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Namun, jika persaingan di lokasi sekitar cukup tinggi, hindari lokasi warung yang terlalu berdekatan dengan pesaing, kecuali jika Anda yakin warung Anda dapat menawarkan nilai tambah yang lebih baik dan unik.

4. Pilih Bangunan Warung dengan Luas dan Harga Sewa yang Sesuai

Jika Anda merupakan pengusaha warung pemula, Anda dapat mencari bangunan warung yang tidak begitu besar dengan harga sewa yang sesuai bujet untuk mencegah beban sewa yang terlalu berat.

Namun, jika Anda telah berpengalaman dan ingin mengembangkan warung, Anda dapat mencari bangunan yang lebih luas. Akan lebih baik jika bangunan yang Anda sewa juga memiliki ruang khusus untuk penyimpanan stok barang.

Bangunan warung yang besar tentu dapat memberikan ruangan yang luas untuk kegiatan operasional dan penyimpanan stok barang. Namun, yang lebih penting adalah mencari bangunan dengan luas dan harga yang sesuai dengan rencana  bisnis dan bujet Anda.

Baca Juga: Simak Langkah Awal Memulai Usaha Warung Sembako Sendiri

5. Pertimbangkan Kemudahan Akses dan Ketersediaan Parkir

Kemudahan akses menuju warung akan meningkatkan potensi warung untuk didatangi banyak pelanggan. Perhatikan kualitas infrastruktur seperti kualitas jalan dan akses lainnnya seperti jembatan atau trotoar.

Pastikan juga lokasi warung Anda memiliki lahan yang cukup untuk tempat parkir. Ini akan memudahkan para pelanggan yang datang dengan kendaraan seperti mobil atau motor. Lahan parkir yang cukup juga dapat mencegah adanya kemacetan yang disebabkan oleh aktivitas jual beli di warung Anda.

Jika lahan parkir warung yang tersedia terbatas, hindari lokasi warung yang terlalu berdekatan dengan persimpangan atau lampu merah karena akan menyulitkan pelanggan yang datang dengan menggunakan kendaraan.

6. Perhatikan Keamanan di Sekitar Lokasi Warung

Anda dapat memastikan keamanan di sekitar lokasi warung dengan memperhatikan jumlah lampu penerangan jalan dan tingkat kriminalitas dengan bertanya ke warga sekitar. Hindari daerah yang sepi dan gelap di malam hari.

Pastikan juga bahwa warung Anda terletak di daerah yang tidak rawan bencana seperti banjir atau longsor untuk mencegah timbulnya kerugian.

Setelah mengikuti 6 tips di atas, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan keputusan dengan baik. Pertimbangkan segala faktor resiko yang ada dan hindari mengambil keputusan dengan terburu-buru.

Jalankan Usaha Warung Sembako Anda dengan AwanToko

AwanToko merupakan produk digital berbasis aplikasi android yang ditujukan untuk pemilik usaha warung sembako. Dengan fitur layanan Pesan Barang, Anda dapat melakukan pembelian stok barang secara online dengan harga semurah di Grosir. 

Jika Anda mengalami kendala permodalan, Anda juga dapat mengajukan bantuan permodalan yang kami sediakan melalui layanan AwanTempo dengan limit hingga 500 juta rupiah. 

Baca Juga: Perluas Layanan, AwanToko Lakukan Ekspansi ke 6 Kota

Dengan pesyaratan yang relatif mudah dan tanpa jaminan aset, bantuan permodalan AwanTempo dapat diajukan secara online dan telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Download aplikasi AwanToko di Google Play Store sekarang untuk segera bergabung jadi mitra dan #TemanUntungBareng AwanToko!

Artikel Lainnya