Pemilik warung yang mempelajari tips agar warung sembako ramai pembeli

Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh pemilik warung sembako adalah persaingan yang ketat. 

Hal ini disebabkan karena besarnya potensi usaha warung sembako yang membuat banyak orang ikut membuka usaha ini. 

Untuk bisa bersaing, setidaknya Anda harus memiliki strategi yang tepat untuk menarik pelanggan agar warung sembako Anda lebih ramai pembeli.

Tips Menarik Pelanggan agar Warung Sembako Ramai Pembeli 

Berikut beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan agar warung sembako Anda dikunjungi oleh lebih banyak pembeli:

1. Terapkan Trik Pembedaan Harga

Untuk barang-barang yang sering dicari pelanggan, Anda bisa mengambil keuntungan yang lebih sedikit dengan memberi harga yang lebih murah. Misalnya seperti beras, rokok, minyak, gula, dan lainnya.

Sementara untuk barang lainnya, Anda bisa mengambil keuntungan yang sedikit lebih tinggi sebagai kompensasi. Trik ini dapat membantu membentuk persepsi bahwa warung Anda memiliki harga yang murah untuk menarik lebih banyak pelanggan.

2. Berikan Pelayanan yang Ramah

Pelayanan yang baik, ramah, dan cekatan bisa membuat pelanggan nyaman berbelanja di warung Anda. Hal tersebut juga bisa membuat pelanggan loyal dan menjadi langganan.

Hindari melayani pembeli sambil bermain hp, berbicara dengan ketus, atau bahkan mengabaikan pelanggan. Tetaplah profesional dan berikan pelayanan yang baik kapan pun.

3. Kebersihan Warung yang Terjaga

Tips agar warung sembako ramai pembeli yang selanjutnya adalah menjaga kebersihan warung. Di mata pelanggan, nilai warung Anda akan bertambah apabila selalu bersih dan rapi. 

Untuk itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan area warung setiap harinya. Rapikan juga stok barang secara berkala, agar warung selalu dalam keadaan rapi. 

4. Susun Stok Barang dengan Menarik

Warung yang tampak penuh dari luar akan terlihat lebih menarik di mata pelanggan. Terkadang, hal ini juga menciptakan kesan bahwa warung Anda lengkap dan menyediakan banyak barang.

Untuk itu, susun stok barang Anda sedemikian rupa agar lebih menarik. Anda dapat menyusun barang di rak, atau menggunakan strip gantung untuk menggantung produk dengan lebih rapi. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Pajangan Produk  4 Cara Mengatur Pajangan Produk agar Toko Sembako Jadi Lebih Rapi

5. Perhatikan Ketersediaan dan Kualitas Stok

Warung yang lengkap dengan produk yang berkualitas lebih disukai oleh pelanggan. Pelanggan akan kesal dan beralih ke warung lain apabila stok barang yang mereka cari di warung Anda seringkali kosong atau berkualitas jelek.

Untuk itu, selalu pantau ketersediaan stok warung Anda. Lakukan pencatatan dan pengadaan stok secara berkala dan terjadwal. Pastikan juga stok warung Anda selalu dalam kualitas baik dan tidak kedaluwarsa.

Agar stok warung Anda selalu terjaga ketersediaannya, Anda juga dapat berbelanja stok dengan aplikasi AwanToko. 

Informasi layanan bantuan permodalan AwanTempo untuk warung sembako
Dapatkan bantuan permodalan untuk warung Anda sekarang!

6. Peka Terhadap Kebutuhan Pelanggan

Pelanggan akan lebih suka berbelanja di warung yang menyediakan segala kebutuhan mereka. Untuk itu, pahami pelanggan Anda dengan baik.

Perhatikan produk dan jenis barang yang sering dicari. Kemudian, Anda dapat menyediakan produk tersebut. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa bahwa warung Anda memperhatikan kebutuhan mereka dan membuat mereka lebih loyal.

7. Sediakan Layanan Tambahan

Warung yang bisa menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan akan lebih disukai pelanggan. Tidak hanya menyediakan kebutuhan sehari-hari, Anda juga dapat mulai menyediakan layanan tambahan.

Misalnya seperti layanan pembayaran tagihan listrik, tagihan air, iuran bpjs, hingga pengisian e-money dan dompet digital.

8. Opsi Pembayaran untuk Pelanggan

Perkembangan teknologi membuat opsi pembayaran non-tunai semakin banyak. Mulai dari transfer via bank, e-money, dompet digital, hingga scan qris. 

Anda dapat mulai mempertimbangkan menyediakan lebih banyak opsi pembayaran untuk menarik lebih banyak pelanggan. Terutama kalangan pelanggan yang suka menggunakan opsi pembayaran nontunai. 

Itu tadi 8 tips agar warung sembako ramai pembeli yang bisa diterapkan di warung sembako Anda.

Baca Juga:  Belanja Barang Jadi Lebih Mudah dengan Aplikasi AwanToko

Jika Anda ingin mengembangkan warung dan meningkatkan jumlah stok untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa menggunakan aplikasi AwanToko. 

Dengan menu layanan “AwanTempo”, Anda dapat mengajukan bantuan permodalan untuk berbelanja stok. Bantuan permodalan ini dapat diajukan secara online, dengan persyaratan yang relatif cepat, mudah, dan tanpa jaminan aset.

AwanTempo didukung oleh PT SimpleFi Teknologi Indonesia, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website AwanToko atau hubungi customer service kami.

Download aplikasi AwanToko di Google Play Store dan ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko sekarang!

Artikel Lainnya