Rokok, salah satu produk dengan penjualan terbesar di Indonesia
December 14, 2023

Rokok merupakan salah satu produk dengan penjualan terbesar di Indonesia, khususnya di Warung Toko Sembako dan Produk FMCG. Menurut Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan bahwa daya minat masyarakat Indonesia terhadap rokok hingga perokok aktif mencapai angka tertinggi ketiga di dunia, setelah Tiongkok dan India. 

Merokok menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang dipengaruhi juga oleh beberapa faktor seperti sosial, budaya, iklan dan promosi. Sehingga rokok merupakan produk dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Berikut adalah penjelasan mengenai pengaruh rokok dengan penjualan terbesar di Indonesia yang memberikan keuntungan terhadap Warung Toko Sembako dan Produk FMCG:

Fakta Menarik Mengenai Perusahaan Rokok di Indonesia dan Penjualan Rokok di Warung Toko Sembako dan Produk FMCG

1) Perusahaan rokok terbesar di Indonesia

Perusahaan rokok di Indonesia dikuasai oleh beberapa perusahaan besar yang telah lama berkecimpung dalam industri ini dan mendominasi pasar yang kuat.

  • PT Gudang Garam Tbk

PT Gudang Garam Tbk salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yang berkantor pusat di Kota Kediri. PT Gudang Garam Tbk memiliki posisi kuat di pasar tembakau nasional. Gudang Garam terkenal menghasilkan rokok kretek dengan kualitas yang sangat baik, seperti Gudang Garam Merah, Gudang Garam Signature, Surya, dan beberapa rokok lainnya.

  • PT Djarum

PT Djarum merupakan sebuah pabrik rokok kretek yang berlokasi di Kudus. PT Djarum merupakan salah satu perusahaan rokok yang tidak terdaftar di Bursa Efek Indonesia sehingga data keuangannya belum dapat diketahui oleh umum. Beberapa produk rokok yang tinggi penjualannya adalah Djarum Super, LA Lights, dan Djarum 76.

  • PT HM Sampoerna Tbk

PT HM Sampoerna Tbk telah beroperasi sejak tahun 1913, didirikan oleh Liem Seeng Tee. Produk utama yang dihasilkan oleh Sampoerna adalah Djie Sam Soe, adapun produk Sampoerna yang laris di pasaran adalah Sampoerna Mild.

2) Pasar yang besar

Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi rokok tertinggi di dunia. Menurut artikel Kemenkes: Perokok Pria Indonesia Terbanyak di Dunia memiliki jumlah persentase 65,5% pria dewasa tergolong sebagai perokok aktif.  Budaya merokok di Indonesia tidak hanya sekedar produk konsumsi, melainkan bagi perokok aktif, rokok sudah termasuk pada kebutuhan sehari-hari. Tingginya minat dan konsumsi rokok dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan, sosial, iklan dan juga promosi. Sehingga rokok merupakan salah satu produk dengan penjualan terbesar di Indonesia dengan minat yang tinggi.

3) Jenis-jenis rokok

Ada beberapa jenis rokok yang beredar di Indonesia yang dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal. Dapat dilihat berdasarkan bahan pembungkus, bahan baku produksi, proses pembuatan, hingga penggunaan filter rokok. 

  • Jenis rokok berdasarkan bahan pembungkus

Yang pertama klobot, jenis pembungkus ini terbuat dari kulit jagung. Klobot salah satu produk khas berasal dari wilayah Nusantara, proses pembuatannya dilakukan dengan cara manual. Kedua adalah kawung, jenis pembungkus ini terbuat dari daun aren, dan rokok ini merupakan jenis rokok tradisional. Ketiga adalah sigaret, pembuatan rokok ini menggunakan kertas sebagai pembungkusnya. Bahan ini masih digunakan hingga saat ini, baik dalam rokok tradisional maupun rokok modern. Selanjutnya yang terakhir adalah cerutu, cerutu merupakan gulungan tembakau utuh yang dikeringkan dan difermentasikan. Cara penggunaannya mirip dengan rokok biasa, yaitu dengan membakar salah satu ujungnya.

  • Jenis rokok berdasarkan bahan baku isianya

Terdapat dua jenis rokok berdasarkan bahan isianya, yang pertama adalah rokok putih, yang dikenal juga sebagai rokok mild. Rokok ini terbuat dari daun tembakau tanpa adanya campuran cengkih. Rokok putih memiliki kadar tar dan nikotin yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok kretek dan rokok biasa. Sedangkan yang kedua adalah rokok kretek, rokok ini terbuat dari tembakau asli yang dikeringkan dan dicampur dengan saus cengkih.

  • Jenis rokok berdasarkan proses pembuatannya

Terdapat dua cara proses pembuatan rokok, yang pertama Sigaret Kretek Tangan atau SKT. Proses pembuatannya menggunakan proses tradisional yaitu dengan menggunakan tangan dan alat bantu sederhana. Sedangkan proses pembuatan rokok yang kedua adalah Sigaret Kretek Mesin atau SKM. Proses pembuatannya sudah menggunakan proses yang modern, yakni menggunakan mesin yang dapat membuat rokok sekitar 6000-8000 rokok per menit. Produk yang dihasilkannya berupa bentuk pak, bukan per batang.

  • Jenis rokok berdasarkan penggunaan filter 

Jenis rokok ini memiliki dua perbedaan yakni filter dan non filter. Rokok filter yaitu salah satu jenis rokok yang memiliki busa pada pangkalnya. Sedangkan non filter tidak terdapat busa pada ujung pangkalnya.

4) Tingkat perputaran stok yang cepat

Perputaran stok rokok sangat cepat dikarenakan daya minat pelanggan terhadap pembelian rokok sangat tinggi. Rokok merupakan suatu produk yang selalu diminati, sehingga permintaan terhadap produk rokok akan konsisten. Sebagai pemilik Warung Toko sembako harus memantau stok persediaan agar tidak kehabisan, mengingat pelanggan cenderung akan tetap setia dan rutin mencari rokok. Dikarenakan tingkat perputaran stok yang cepat, hal itu dapat mengoptimalkan pendapatan yang stabil.

5) Keuntungan menjual rokok di Warung Toko Sembako

Penjualan rokok memang memiliki margin yang kecil, akan tetapi penjualan rokok memiliki pelanggan yang tetap. Oleh karena itu, menyebabkan pelanggan datang kembali secara berkala, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk lainnya. Sebagai contoh, pelanggan yang membeli rokok mungkin akan membeli produk lain juga seperti pemantiknya, indomie, atau bahkan produk FMCG lainnya yang terdapat di Warung Toko Sembako Anda.

Rokok memiliki perputaran penjualan yang cepat karena minat daya belinya tinggi, sehingga ketersediaan stok rokok harus diperhatikan, agar stok rokok tetap lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Untuk memenuhi ketersediaan stok yang baik akan tetapi modalnya belum cukup, Anda sebagai pemilik Warung Toko Sembako dapat mengajukan layanan AwanTempo melalui aplikasi AwanToko yang bisa diunduh melalui ponsel Anda di Google Play Store. Apabila Anda sebagai pemilik Grosir Toko Sembako ingin mengajukan bantuan modal untuk stok Anda, Anda bisa menggunakan layanan BantuModal yang bisa diakses melalui sistem AwanToko Pro. Dengan persyaratannya yang mudah dan cepat, kini Anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Ayo jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Artikel Lainnya