Optimalisasi Program Promosi untuk Grosir Toko Sembako Anda
September 22, 2023

Salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah melakukan promosi. Promosi itu sendiri sebenarnya punya cukup banyak bentuk yang bisa di coba gunakan di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda. Berikut adalah penjelasan mengenai promosi yang bisa digunakan di Grosir toko sembako dan produk FMCG anda:

Bentuk Promosi untuk Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG Anda

  • Potongan harga atau diskon

Memberikan diskon adalah bentuk promosi yang paling mudah dilakukan dan paling disukai. Namun dalam memberikan diskon, Anda selaku pemilik Grosir toko Sembako dan produk FMCG harus mempertimbangkan beberapa hal. Tentu faktor biaya harus Anda pertimbangkan, namun faktor psikologis pelanggan juga harus anda perhatikan. Terlalu sering memberikan diskon, akan membuat pelanggan untuk menunda belanja di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda. Lakukan program diskon apabila Anda memiliki tambahan margin dari pembelian stok produk yang lebih murah, dan lakukan secara tidak teratur. Apabila Anda ingin melakukan diskon secara teratur untuk menarik pelanggan, Anda dapat memberikan diskon bersyarat. Pelanggan dapat diberikan harga diskon dengan syarat mereka membeli dalam minimum jumlah tertentu. Syarat yang lain adalah apabila pelanggan membeli stok yang sudah mendekati batas usia simpan. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan harga lebih murah 2% bila ada pelanggan yang membeli minimal 5 karton mie instan ketimbang membeli dalam jumlah kurang dari 5 karton.

  • Bonus produk

Bentuk lain dari promosi yang bisa Anda lakukan di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda adalah memberikan bonus produk. Bonus produk disini adalah bonus dengan memberikan produk yang sama dengan produk yang dibeli secara tunai atau harga normal. Bagi pelanggan dari Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda, promo ini sebenarnya bisa juga dianggap sebagai diskon. Pelanggan bisa menghitung total transaksi Pembelian suatu produk dibagi dengan total jumlah produk yang dibeli ditambah produk bonus. Berikan bonus dalam perputaran stok Grosir Toko Sembako dan FMCG untuk meningkatkan penjualan lebih cepat dan mengganti dengan stok baru. Sebagai contoh anda bisa menjual 100 bungkus mie instan akan mendapatkan 1 bungkus produk yang sama atau program ini memberikan rasio program 1%.

  • Penjualan paket atau bundling 

Penjualan paket produk atau bundling adalah melakukan penjualan kombinasi antara suatu produk dengan produk lainnya yang mana harga akumulasi penjualannya akan menjadi lebih murah. Anda bisa melakukan promosi ini bila Anda dalam kondisi tertentu seperti ingin menjual stok barang lama yang kurang laku atau memperkenalkan produk yang baru diluncurkan. Promo ini bisa saja didiskusikan dengan pihak distributor atau perusahaan FMCG untuk mendapatkan dukungan tambahan. Sebagai contoh, Anda memiliki produk kecap merek “Alfa” yang sangat laris, namun Anda memiliki produk saus tomat juga dari merek “Alfa” yang baru diluncurkan. Maka Anda bisa menjual tiap Pembelian 100 botol kecap Alfa maka akan mendapatkan 3 botol saus tomat merk Alfa.

Baca juga: Strategi Mengelola Keuangan Anda Mulai dari Nol!

  • Undian berhadiah

Untuk memperluas dampak promosi Anda sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dan produk FMCG, Anda bisa pertimbangkan untuk melaksanakan undian berhadiah. Anda bisa menentukan berapa minimal transaksi pembelian untuk mendapatkan kupon undian berhadiah. Kupon dapat diberi kode dan akan diundi di akhir periode program dan pelanggan berpeluang mendapatkan hadiah yang sudah ditentukan. Pemberian kupon bisa berlaku kelipatan dari nilai transaksi tertentu bisa juga tidak. Dengan adanya kupon undian berhadiah, diharapkan pelanggan akan berbelanja makin banyak dan makin sering. Hitung nilai minimum transaksi untuk mendapatkan kupon berdasarkan rata-rata transaksi pelanggan dalam beberapa periode terakhir. Pertimbangkan sedikit peningkatan nilai ini untuk mendorong kenaikan transaksi selama promosi. Contoh, Anda bisa memberikan 1 kupon undian tiap belanja Rp 1 juta berlaku kelipatan, karena rata-rata nilai transaksi pelanggan Anda adalah Rp 850 ribu. Hadiah yang diberikan harus dipastikan sesuai dengan aspirasi pelanggan dan tentunya dalam batasan rasio biaya yang sudah Anda tentukan.

  • Gratis pengiriman

Bentuk promosi lain yang bisa Anda berikan ke pelanggan Anda adalah dengan memberikan gratis pengiriman. Anda bisa menentukan berapa nilai minimum transaksi dan berapa jarak maksimum yang bisa Anda layani dalam promosi ini. Pembatasan ini terkait dengan rasio biaya dalam setiap titik pengantaran, bahkan bila ada beberapa produk yang dianggap memiliki margin keuntungan cukup kecil maka Anda bisa mengeluarkan dari promosi ini. Pengiriman  akan sangat membantu pelanggan apabila mereka melakukan pemesanan jarak jauh dengan menggunakan telepon, pesan elektronik atau layanan belanja online lainnya. Contoh program yang bisa diberikan adalah pengantaran gratis akan diberikan bila minimum transaksi Rp 5 juta di luar transaksi produk rokok dan beras untuk pengantaran dalam radius 5 km dari lokasi toko.

  • Kupon cashback

Promosi lain yang bisa Anda lakukan di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda adalah dengan memberikan kupon cashback. Kupon ini bisa digunakan untuk mengurangi nilai pembayaran dari transaksi yang dilakukan pelanggan di toko Anda di kemudian hari. Promo ini akan membuat pelanggan Anda untuk datang berbelanja kembali di toko Anda. Contoh promosi kupon cashback adalah tiap berbelanja Rp 10 juta akan mendapatkan kupon cashback Rp 50 ribu berlaku kelipatan.

Untuk menjalankan promosi Anda harus menjalankan beberapa hal antara lain memiliki stok semua produk potensial Anda. Pahami produk mana yang memiliki penjualan baik mana yang tidak. Jumlah stok yang tersedia di toko Anda saat ini pun harus selalu Anda monitor untuk memastikan tidak mengecewakan pelanggan Anda. Pastikan juga Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli produk-produk tersebut bila mendadak ada yang menjual dengan harga yang murah dibandingkan dengan harga normal di pasaran.

Untuk meningkatan jenis produk dan jumlah stok di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda, Anda bisa memanfaatkan layanan bantuan modal usaha AwanToko Pro yang tersedia. Dengan AwanToko Pro pun anda dapat melakukan pencatatan transaksi secara digital yang terkoneksi dengan catatan stok.

Kini saat nya Grosir toko Sembako dan produk FMCG harus lebih cerdas, tidak hanya dengan penggunaan teknologi namun juga dengan peningkatan akses ke modal usaha untuk pengembangan bisnis dan pada akhirnya peningkatan keuntungan usaha dan perbaikan kualitas hidup.

Ayo, jadi #temanuntung bersama AwanToko.

Artikel Lainnya