Membangun Kemitraan yang Menguntungkan dengan Pemasok dalam Bisnis Grosir Toko Sembako dan Produk FM
December 1, 2023

Bagi bisnis usaha Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG, menjalin kemitraan dengan pemasok adalah suatu hal yang penting bagi keberhasilan jangka panjang. Tujuannya adalah untuk memastikan kestabilan dan kualitas pasokan dalam bisnis ini.

Stabilitas dan kualitas pasokan akan sangat membantu Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG  untuk mendapatkan pelanggan dan mengembangkan bisnisnya.

Dengan kualitas pasokan yang baik, maka kepuasan pelanggan akan meningkat dan dapat berdampak kepada keuntungan secara finansial. Keuntungannya tidak hanya sebatas aspek finansial, tetapi juga melibatkan stabilitas operasional.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membangun kemitraan yang menguntungkan dalam bisnis grosir FMCG dan Sembako, berikut penjelasannya:

Strategi Efektif untuk Membentuk Kemitraan Sukses dengan Pemasok dalam Industri Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG

Untuk membangun kemitraan yang menguntungkan dalam bisnis grosir FMCG dan Sembako, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

1. Identifikasi pemasok 

Sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG mengidentifikasi pemasok merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Tujuannya agar kita dapat mengetahui bagaimana latar belakang dari pemasok tersebut.

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan pemasok, sebagai pemilik bisnis Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Anda harus mencari tahu mengenai pengalaman kerjasama pemasok dengan pelanggan yang lain, atau dengan sesama Grosir. Untuk keberlangsungan Bisnis, Anda juga harus mencari tahu mengenai konsistensi pengirimannya, ketersediaan stok barang, harga yang kompetitif, dan karakternya dalam berbisnis.

Anda harus berhati-hati sebelum memutuskan, sehingga mengidentifikasi pemasok merupakan suatu hal yang penting untuk keberlangsungan jangka panjang.

2. Bangun Komunikasi yang Baik 

Jika Anda sudah menemukan pihak yang cocok untuk menjadi pemasok Anda, Anda harus membangun komunikasi yang baik dengan pihak tersebut. Karena komunikasi yang baik merupakan pondasi utama dalam hubungan bisnis ini.

Penting bagi Anda untuk menjelaskan model bisnis yang Anda jalankan. Tujuannya untuk membangun keterbukaan dengan pihak pemasok. Ekspektasi kerjasama juga harus terdefinisi dengan jelas.

Seperti penegasan mengenai kualitas produk, termasuk standar yang diharapkan, hal itu perlu untuk disampaikan dengan jelas. Selain mengkomunikasikan ekspektasi kita sebagai grosir, penting juga untuk mengetahui ekspektasi pemasok terhadap kita.

Sehingga tidak terjadi perbedaan pemahaman yang berpotensi mengganggu kerjasama. Proses bisnis dengan pemasok perlu diatur sedemikian rupa agar keduanya dapat berjalan dengan lancar.

3. Lakukan Negosiasi yang Baik

Negosiasi ini bertujuan untuk mendapatkan jalan tengah yang saling menguntungkan dan memastikan kelancaran pasokan barang. Spesifikasi barang yang ditawarkan oleh pemasok, termasuk kualitas, ukuran, dan bahan harus dinegosiasikan.

Selain itu, mengetahui harga yang diajukan pemasok secara detail juga penting, agar dapat memastikan kesesuaian dengan anggaran. Selanjutnya, perlu ditetapkan juga metode pembayaran yang cocok, baik itu melalui pembayaran tunai, kredit, atau metode lainnya sesuai kesepakatan.

Proses pengiriman juga harus ditetapkan dengan jelas, termasuk waktu pengiriman, dan metode pengiriman. Hal penting lainnya, harus dibicarakan juga mengenai retur barang dalam mengantisipasi ketidaksesuaian barang, seperti kualitas atau keadaan barang yang tidak sesuai. Semua hal tersebut bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. 

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Kreatif untuk Grosir Sembako

4. Beri Umpan Balik

Pemasok harus aktif memberikan masukan yang berharga kepada Anda sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG terkait dengan produk layanan yang mereka tawarkan. Contohnya seperti inovasi produk atau produk yang dapat meningkatkan penjualan di Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG.

Selain itu, Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG juga harus berperan dalam memberikan umpan balik kepada pemasok mengenai kebutuhan, harapan mereka, dan keluhan-keluhan yang terjadi. Keterbukaan dalam komunikasi sangat penting, karena hal itu dapat membantu menciptakan hubungan yang kuat dan berkelanjutan yang menguntungkan. 

5. Penuhi Komitmen dengan Baik

Sebagai pelanggan, Anda juga harus membayar pembelian tepat waktu sesuai dengan kesepakatan tanggal bayar, serta mematuhi perjanjian dengan baik. Biasanya, pihak pemasok akan memberikan apresiasi kepada pelanggan yang berkomitmen. Apresiasi ini bisa dalam bentuk layanan atau harga yang lebih baik terhadap Grosir Anda.

Namun apabila Anda sebagai pelanggan tidak mematuhi kesepakatan, pihak pemasok tidak akan memprioritaskan Grosir Anda lagi, bahkan Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG Anda tidak akan dipasok dengan baik.

Begitupun pemasok harus bisa memenuhi kesepakatan, terkait dengan kualitas, kuantitas, dan waktu pengiriman barang. Hal itu bertujuan untuk memberikan keyakinan pelanggan kepada pemasok sebagai pemasok yang konsisten. Oleh karena itu, kesepakatan yang telah disepakati harus dipenuhi dengan baik.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, bisnis Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG dapat membangun kemitraan yang kuat dengan pemasok. Hal ini akan mendukung pertumbuhan dan keberhasilan bisnis Anda. Tidak hanya menguntungkan dalam segi finansial, tetapi juga menguntungkan untuk kestabilan pasokan bisnis Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG Anda.

Untuk proses operasional Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG Anda, akan lebih mudah dan aman bila Anda menggunakan sistem yang sudah ter digitalisasi. Untuk itu, Anda dapat mencoba menggunakan sistem AwanToko Pro yang menyediakan layanan digitalisasi operasional.

Dengan AwanToko Pro Anda bisa mengajukan bantuan permodalan untuk pemenuhan stok agar tetap stabil melalui layanan Bantu Modal untuk mendapatkan modal usaha yang mudah, cepat, dan aman. Tentunya dengan hal itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan usaha yang jauh lebih besar.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Artikel Lainnya