Layani pelanggan lebih baik dengan menu pesanan online
October 31, 2023

Pelayanan pelanggan yang efisien dan praktis menjadi kunci kesuksesan bagi berbagai jenis bisnis, termasuk Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG. Untuk memudahkan pelanggan dalam berbelanja, kini banyak Grosir Toko Sembako yang berinovasi dalam membuka layanan pesanan barang secara online sebagai salah satu layanan mereka. 

Berikut adalah penjelasan mengenai pesanan online dapat meningkatkan efisiensi operasional Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG:

Tingkatan Efisiensi dan Kemudahan Berbelanja dengan Pesanan Online di Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG

  • Fleksibilitas untuk pelanggan warung  toko sembako

Untuk warung toko sembako, menu pesanan online merupakan suatu layanan yang sangat praktis, keuntungan utamanya dapat memberikan layanan yang lebih baik pada pelanggan. Biasanya pelanggan warung memiliki kesibukan yang tidak jauh beda dengan grosir. Contohnya seperti harus menjaga warung, membereskan persediaan stok barang, bahkan kegiatan lainnya. Akan tetapi, dengan adanya pesanan online seperti yang dapat diakses melalui aplikasi AwanToko dengan menu pesan barang akan memudahkan mereka untuk memesan barang. Karena pesanan yang dipesan melalui aplikasi akan terdeteksi langsung pada sistem AwanToko Pro. Oleh karena itu, pelanggan tidak lagi harus mengunjungi toko secara langsung untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih nyaman karena dapat memesan barang kapan saja, dan dimana saja. Sehingga pelanggan memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain, sambil menunggu pesanan dikemas dan disiapkan dengan baik.

  • Harga produk yang sama dengan di toko 

Salah satu faktor penting dalam meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelanggan adalah harga produk yang ditawarkan secara online sama dengan harga yang ditawarkan di toko. Ketika pelanggan tahu bahwa mereka tidak akan dikenakan biaya tambahan atau perbedaan harga saat memesan produk secara online, mereka akan merasa lebih nyaman untuk berbelanja online. Oleh karena itu, pelanggan akan lebih tertarik untuk menggunakan layanan pesanan online. Pelanggan akan memiliki alasan yang kuat untuk memilih pesanan online karena lebih efisien dan mudah. Sehingga mereka tidak perlu khawatir mengenai perubahan harga atau biaya tambahan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Uang Anda Lebih Produktif

  • Terintegrasi dengan data stok

Terintegrasi dengan data stok akan memudahkan ketika pelanggan memesan barang secara online. Karena secara otomatis sistem dapat melihat apakah barang yang dipesan pelanggan tersedia atau tidak. Hal ini dapat membantu menghindari situasi ketika pelanggan memesan barang yang stok barangnya sudah habis di grosir. Maka jika stok barang habis, pemilik grosir dapat mengambil tindakan yang tepat. Seperti mengatur pesanan ulang kepada pemasok, atau memberi tahu pelanggan mengenai ketersediaan barang. Kejadian seperti ini dapat mengurangi resiko ketidakpuasan pelanggan, ketika barang yang dipesan tidak tersedia. Manfaatnya, Grosir Toko Sembako dapat merencanakan persediaan yang lebih baik dengan melakukan pemantauan stok yang baik.

  •  Efisiensi untuk pelanggan

Berbelanja di Grosir Toko Sembako secara langsung seringkali banyak menghabiskan waktu dan tenaga, tetapi berbelanja melalui layanan pesanan online jauh lebih efisien dan praktis. Ketika pelanggan datang langsung ke Grosir, mungkin mereka harus menghabiskan waktu dalam perjalanan menuju grosir, mencari tempat parkir, dan berjalan-jalan di dalam grosir yang mungkin melalui banyak proses. Proses ini akan memakan waktu yang sangat lama, terutama jika Grosir memiliki banyak pilihan barang. Selain itu jika pelanggan harus mengantri di kasir untuk membayar, sehingga waktu yang dibutuhkan cukup banyak. Kini pesanan online menjadi solusi yang sangat efisien, pelanggan dapat membeli barang-barang yang mereka butuhkan dengan cepat dan nyaman. 

  • Optimalisasi kapasitas pekerja di toko

Dengan adanya pesanan online pekerja Grosir Toko Sembako memiliki kesempatan untuk merencanakan jadwal dengan baik. Pemilik Grosir dapat mengatur pekerja untuk menyamakan kerja dan tugas karyawan dalam operasional di Grosir. Selain itu, persediaan barang bisa lebih efisien karena dapat mengantisipasi lonjakan pesanan pada waktu tertentu, seperti akhir pekan atau hari promosi. Akan tetapi dengan adanya layanan pesanan online, pekerja dapat menjadi lebih produktif dalam menyiapkan pesanan pelanggan yang dipesan secara online, mengatur barang dengan baik, dan memastikan stok agar tetap teratur.

Untuk menerapkan layanan pesanan online, sistem operasional yang terdigitalisasi sangat dibutuhkan. Tujuannya agar pencatatan pesanan dan catatan operasional Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG dapat terkelola dengan baik. Selain itu, dengan sistem yang terdigitalisasi ketersediaan stok juga dapat terpantau dengan baik, sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa apabila ketersediaan stok habis. 

AwanToko kini menyediakan sistem yang terdigitalisasi untuk mendukung layanan pesanan online dan memudahkan Grosir dan juga pelanggan dalam bertransaksi. Tidak hanya itu, melalui sistem AwanToko Pro juga Grosir dapat mengajukan layanan BantuModal yang dapat dialokasikan untuk menyediakan stok barang lebih banyak. Dengan proses pengajuan yang jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan proses pengajuan pada pihak perbankan.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Artikel Lainnya