Pemilik grosir sembako sedang melayani pembeli
July 1, 2024

Ingin jadi pemilik grosir sembako yang sukses? Ini lima kemampuan yang harus Anda miliki!

Usaha grosir sembako merupakan salah satu jenis usaha dengan potensi yang sangat besar, serta jangkauan pasar yang sangat luas. Karena itu, bisnis ini sangat banyak dilirik dan diminati oleh pelaku usaha. 

Untuk itu, jika Anda ingin menjadi pemilik grosir sembako yang sukses, penting untuk memiliki dan menguasai lima kemampuan berikut ini:

1. Pengambilan Keputusan

Pemilik grosir sembako harus pintar mempertimbangkan keuntungan serta resiko dari setiap keputusan. Sebab setiap keputusan yang diambil akan mempengaruhi performa dan keuntungan yang didapatkan.

Misalnya seperti, berapa karyawan yang harus direkrut? Berapa banyak jumlah barang yang harus dibeli saat proses pengadaan barang? Dan keputusan-keputusan lainnya.

Kemampuan mengambil keputusan ini dapat diasah dari pengalaman. Semakin sering Anda mengambil keputusan, maka Anda juga akan semakin ahli.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa mengambil keputusan bisnis yang baik, di antaranya: 

  • Menentukan permasalahan yang harus diselesaikan
  • Mengumpulkan informasi yang relevan untuk pengambilan keputusan
  • Menentukan beberapa opsi keputusan
  • Mempertimbangkan resiko untuk setiap opsi

Selain itu, Anda juga bisa meminta saran dari orang-orang terdekat, terutama kepada orang yang sudah memiliki pengalaman dalam bisnis.

2. Komunikasi 

Kemampuan komunikasi dapat membantu pemilik grosir sembako dalam melakukan negosiasi kerja sama dengan pemasok/distributor. 

Dengan negosiasi yang sukses, kemungkinan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pemasok/distributor, dan mendapatkan keuntungan darinya sangat terbuka lebar. 

Misalnya seperti, mendapatkan barang dengan harga yang lebih rendah, jangka waktu pembayaran yang lebih panjang, hingga program promosi lainnya. 

Selain itu, kemampuan komunikasi juga sangat membantu Anda dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Mintalah pendapat dari orang sekitar mengenai cara Anda berkomunikasi, dan coba untuk menemukan celah perbaikan yang bisa dilakukan.

3. Manajemen Keuangan

Grosir sembako merupakan jenis usaha dengan perputaran uang yang cepat. Tanpa kemampuan manajemen keuangan yang baik, keuangan usaha bisa saja terganggu, hingga menyebabkan kurangnya modal.

Untuk meningkatkan kemampuan manajemen keuangan, pemilik grosir bisa mengikuti kelas khusus yang membahas mengenai manajemen keuangan bisnis. 

Berapapun usia Anda, mengikuti kelas manajemen keuangan merupakan bentuk investasi terhadap diri sendiri serta untuk kelancaran bisnis. 

4. Manajemen Stok

Kemampuan manajemen stok yang baik dapat mencegah terjadinya penumpukan barang yang tidak laku dan dapat menyebabkan kerugian. Untuk itu, Anda perlu memahami dasar-dasar manajemen stok yang baik dan efektif.

Misalnya, sistem manajemen stok seperti sistem FIFO (First In First Out) atau FEFO (First Expired First Out). Selain itu, Anda juga dapat mempelajari bagaimana cara menangani stok barang yang hampir mendekati masa expired. Misalnya dengan 

Baca Juga: 9 Tips Manajemen Stok untuk Toko Sembako dan Produk FMCG

5. Pengelolaan Karyawan

Jika grosir sembako Anda mempekerjakan karyawan, perlu ada pengelolaan karyawan yang baik. Sebab, kualitas pelayanan dan kelancaran bisnis sangat ditentukan oleh seberapa baik kualitas karyawan. 

Pastikan bahwa Anda menempatkan orang yang tepat untuk tugas yang tepat. Misalnya, karyawan yang pintar berkomunikasi ditempatkan di bagian pelayanan, karyawan yang gesit ditempatkan di bagian pengelolaan stok.

Jika rasanya diperlukan, Anda juga bisa memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan performa mereka.

Itulah tadi pembahasan mengenai kemampuan yang harus dimiliki oleh pemilik usaha sembako. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Cara Memulai Usaha Grosir Sembako yang Sukses dan Untung

Jika Anda merupakan pemilik grosir sembako dan ingin melakukan manajemen stok dengan lebih efektif dan efisien, AwanToko Pro adalah solusinya! 

AwanToko Pro merupakan sistem operasional digital berbasis website yang bisa membantu Anda mencatat setiap transaksi secara online sekaligus memonitor jumlah stok secara real time. Sehingga kegiatan manajemen stok Anda bisa menjadi lebih praktis dan hemat waktu. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bantuan permodalan untuk grosir Anda melalui fitur layanan Bantu Modal yang disediakan AwanToko Pro. Bantuan permodalan ini bisa Anda ajukan secara online, dengan proses yang mudah, cepat, dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website AwanToko atau hubungi customer service kami. 

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Artikel Lainnya