Ilustrasi tabel yang berisi informasi mengenai jenis plastik kemasan makanan dan kegunaannya
March 27, 2024

Plastik telah menjadi salah satu wadah kemasan yang paling umum digunakan dalam industri saat ini. Meskipun beberapa opsi wadah kemasan lain sudah banyak bermunculan, wadah kemasan dari bahan plastik dinilai masih menjadi primadona di pasaran, terutama jenis plastik kemasan untuk wadah makanan. 

Bagi pengusaha toko sembako dan produk FMCG yang umumnya banyak menjual berbagai jenis produk makanan, pengetahuan tentang jenis plastik kemasan untuk wadah makanan merupakan hal yang penting untuk diketahui. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai jenis plastik kemasan yang sering digunakan serta masing-masing kegunaannya berdasarkan fungsi dan karakteristiknya.

Jenis Plastik Kemasan Makanan yang Beredar di Pasaran

Plastik kemasan yang banyak beredar di pasaran umumnya memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing. Untuk toko sembako dan produk FMCG, salah satu jenis plastik yang wajib disediakan adalah plastik kemasan untuk wadah bahan makanaan.

Berikut adalah ulasan mengenai beberapa jenis plastik untuk wadah bahan makanan yang bisa Anda jual di Toko Sembako dan Produk FMCG:

1. Polyethylene terephthalate (PET)

Polyethylene terephthalate atau yang familiar disebut PET adalah senyawa yang digunakan untuk membuat jenis plastik sekali pakai yang dapat didaur ulang. Senyawa PET banyak disukai untuk membuat plastik kemasan karena dapat menghasilkan plastik dengan karakteristik yang ringan dan memiliki daya tahan yang baik terhadap benturan, sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap makanan atau minuman yang ada di dalamnya. 

Biasanya, plastik dari PET digunakan untuk berbagai jenis produk seperti minuman ringan, botol air mineral, wadah saus tomat, suplemen vitamin, minyak sayur, atau selai roti. 

2. High-density polyethylene (HDPE)

Mirip dengan plastik PET, plastik kemasan jenis High-density polyethylene (HDPE) juga bisa didaur ulang. Plastik ini memiliki tekstur yang keras dan tidak transparan, namun tetap ringan. Umumnya, plastik HDPE digunakan untuk mengemas produk seperti susu, es krim, dan jus botolan. 

Baca juga: Langkah Awal Memulai Usaha Warung Sembako

3. Polivinil klorida (PVC)

Klorin digunakan dalam produksi plastik kemasan yang dikenal sebagai Polivinil klorida (PVC). Plastik ini memiliki ketahanan biologis dan kimia, serta memiliki sifat transparan. Kedua karakteristik ini membuat plastik PVC dapat menjaga kualitas produk yang dikemas di dalamnya. Plastik kemasan ini umumnya digunakan untuk produk seperti mentega, kue, atau digunakan untuk menyimpan buah-buahan. 

4. Low-density polyethylene (LDPE)

Plastik kemasan berjenis Low-density polyethylene (LDPE) memiliki sifat yang kuat, sedikit tembus cahaya, dan bersifat fleksibel. Plastik ini dapat menahan panas hingga 60 derajat celcius. Umumnya, plastik LDPE digunakan untuk mengemas produk makanan dan minuman seperti kopi, kantong roti, serta kantong sayuran dan buah.

5. Polypropylene (PP)

Plastik kemasan Polypropylene (PP) berbahan agak kaku, tetapi tidak rapuh seperti jenis plastik lainnya. Kemasan plastik PP tidak tembus cahaya dan warnanya cenderung agak buram ketika diproduksi. Jenis plastik ini biasanya digunakan sebagai wadah untuk produk seperti yogurt, sirup maple, atau krim keju. 

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Plastik untuk Pemula

6. Polystyrene (PS)

Polystyrene (PS) adalah jenis plastik yang keras, tidak berwarna, dan memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah. Plastik PS dapat digunakan sebagai lapisan cetakan dan diberikan detail yang halus saat diproduksi. Umumnya, plastik ini digunakan untuk mengemas makanan, atau dapat juga digunakan sebagai pembungkus nasi kotak.

Itulah tadi penjelasan mengenai jenis-jenis plastik yang banyak digunakan di industri saat ini. Dengan menyediakan plastik kemasan dari jenis-jenis yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Apabila Anda pemilik Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG ingin memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi terhambat karena masalah permodalan, AwanToko bisa jadi solusinya. Anda dapat mengajukan bantuan permodalan di sistem AwanToko Pro melalui layanan Bantu Modal.

Dengan proses yang cepat dan mudah. AwanToko Pro juga memberikan layanan yang terpercaya karena telah terdaftar di OJK. Tunggu apa lagi? Penuhi kebutuhan pelanggan Anda, dan jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Artikel Lainnya