Buat kamu yang jual batre, yuk pelajari jenis-jenisnya
December 24, 2023

Bagi para pelaku usaha Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG memenuhi kebutuhan pelanggan adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan, salah satunya adalah penjualan baterai. Penggunaan baterai merupakan kebutuhan pelanggan dalam menjalankan perangkat elektronik, seperti remot tv, remot AC atau mainan anak-anak.

Agar Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik, berikut akan dijelaskan mengenai jenis-jenis baterai:

Hal-hal Menarik Mengenai Baterai dan Penjualan di Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG

1) Jenis-jenis baterai

  • Baterai Zinc-Carbon (Seng-Karbon)

Baterai Zinc-Carbon sering kali disebut sebagai baterai heavy duty yang umumnya tersedia di berbagai toko dan supermarket. Jenis baterai ini terbuat dari material Zinc yang berfungsi sebagai terminal negatif dan juga berfungsi sebagai pelindung luar baterai. Sementara itu, terminal positifnya terbuat dari karbon yang memiliki bentuk berbentuk batang. Baterai Zinc-Carbon adalah jenis baterai yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis baterai lainnya.

  • Baterai Alkaline (Alkali)

Baterai Alkaline memiliki umur pakai yang lebih panjang, tetapi harganya lebih mahal daripada baterai Zinc-Carbon. Jenis ini menggunakan Potassium Hydroxide sebagai elektrolitnya, yang termasuk dalam kategori Zat Alkali, sehingga sering disebut sebagai Baterai Alkaline. Saat ini, banyak baterai yang memanfaatkan Alkaline sebagai elektrolit, meskipun mereka menggunakan bahan aktif lain sebagai elektrodanya.

2) Kebutuhan pelanggan menggunakan baterai

Kebutuhan pelanggan dalam menggunakan baterai sekali pakai sangat bermacam-macam, tergantung pada kebutuhan dan kegunaannya. Baterai sekali pakai yang masih banyak digunakan pelanggan adalah baterai jenis Zinc-Carbon dan Alkaline. Penggunaan baterai disesuaikan dengan kebutuhannya, seperti digunakan untuk jam dinding, senter, radio, remot tv, remot AC, gitar elektrik atau mainan anak-anak. Baterai yang sering dicari oleh pelanggan adalah jenis baterai yang memiliki kualitas terbaik dan daya tahan penggunaan yang panjang. Selain itu, kebutuhan pelanggan terhadap penggunaan baterai juga disesuaikan dengan ukuran dari perangkat elektronik yang mereka gunakan. 

Baca juga: Rahasia Menjadi Pedagang Sukses ala AwanTunai

3) Ukuran baterai sekali pakai

  • Baterai AAA

Baterai AAA atau yang dikenal A3, memiliki tampilan fisik berbentuk tabung tetapi ramping. Biasanya, baterai jenis ini digunakan untuk mengoperasikan perangkat remot TV atau AC.

  • Baterai AA 

Baterai AA atau baterai A2 memiliki ukuran yang lebih besar daripada baterai AAA. Di antara berbagai jenis baterai yang tersedia di pasaran, baterai AA adalah jenis baterai yang paling banyak digunakan dalam berbagai perangkat elektronik, termasuk mainan, jam dinding, senter.

  • Baterai C

Baterai C memiliki bentuk tabung yang lebih besar daripada baterai AA. Biasanya, baterai C digunakan untuk senter. 

  • Baterai D

Baterai D memiliki ukuran yang lebih besar dengan baterai C. Ukuran ini biasanya digunakan pada perangkat elektronik seperti radio portable.

  • Baterai 9V

Baterai 9V sering disebut baterai kotak karena memiliki bentuk fisik yang unik jika dibandingkan dengan jenis baterai lainnya. Baterai 9V biasanya digunakan untuk gitar listrik atau efek gitar.

4) Merek baterai yang populer

Di Indonesia terdiri dari berbagai merek baterai yang cukup populer dan banyak diminati oleh pelanggan. Kini, Anda dapat menemukan banyak pilihan merek baterai yang tersedia di pasaran, bahkan produk penyimpanan daya ini dapat ditemukan dengan mudah di warung atau grosir toko sembako. Berikut adalah merek-merek baterai yang populer di Indonesia:

  • Energizer

Baterai Energizer merupakan salah satu baterai produsen asal dari Amerika Serikat. Energizer memproduksi jenis baterai mulai dari baterai sekali pakai, baterai isi ulang, dan lain-lain. Masyarakat banyak memilih baterai ini karena memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. 

  • ABC

International Chemical Industry, yang berdiri sejak tahun 1959 yang berpusat di Jakarta, merupakan perusahaan yang memproduksi baterai dengan merek ABC. PT. International Chemical Industry memanufaktur baterai seng karbon dalam berbagai ukuran termasuk D, C, AA, dan AAA. Pada tahun 1996, perusahaan ini juga mulai menghasilkan baterai alkaline berukuran AA / LR6, dan pada tahun 2000, mereka memulai produksi baterai alkaline berukuran AAA / LR03. Selain itu, perusahaan ini juga menghasilkan berbagai jenis lampu senter berkualitas.

  • Eveready

Eveready hadir ketika American Eveready Company mengembangkan senter, dan bergabung dengan National Carbon Company, yang merupakan pelopor baterai sel kuning kering berukuan D pertama. Pada tahun 1907, Eveready memperkenalkan baterai baru berukuran AA, dan empat tahun kemudian, mereka juga memperkenalkan baterai berukuran AAA. Eveready juga memperkenalkan baterai jenis 9 volt pertama, diikuti oleh baterai alkaline pada tahun 1957.

  • Panasonic

Panasonic merupakan merek asal Jepang, yang telah beroperasi cukup lama di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis baterai dan senter sesuai dengan banyaknya kebutuhan dan minat konsumen. Panasonic pun memiliki kualitas yang baik dan banyak memproduksi produk dengan berbasis teknologi tinggi.

Jika kepuasan pelanggan merupakan prioritas Anda sebagai pemilik Grosir Toko Sembako, maka ketersediaan stok merupakan salah satu faktor yang harus Anda penuhi. Seringkali pelanggan akan merasa kecewa apabila kebutuhan yang ia butuhkan tidak tersedia. 

Grosir Toko Sembako harus memiliki stok baterai yang bermacam-macam jenis, ukuran, dan merek yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jenis baterai yang biasa dicari pelanggan adalah jenis baterai Zinc-Carbon dan juga Alkaline. Biasanya penjualan di dominasi berdasarkan berbagai ukuran seperti AAA. AA, C, D, dan 9V.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Anda sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dapat mengajukan bantuan modal melalui layanan BantuModal melalui sistem AwanToko Pro. Proses pengajuan yang cepat dan persyaratan yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan layanan perbankan akan sangat membantu usaha Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG Anda. 

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Artikel Lainnya