Efisiensi kendaraan untuk menekan biaya logsitik grosir sembako
September 5, 2023

Bisnis Grosir Toko Sembako dan produk FMCG cenderung memiliki margin profit yang kecil untuk penjualan per satuan produk. Keuntungan besar baru bisa dinikmati dari besarnya volume transaksi dan tingginya tingkat perputaran barang.

Namun tidak cukup mudah untuk mencapai level keuntungan yang besar dan mencapai kondisi yang disebutkan tadi. Untuk itu, demi meningkatkan keuntungan bisnis Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan selain meningkatkan penjualan.

Salah satunya adalah dengan melakukan efisiensi kegiatan operasional toko Anda, untuk menekan besarnya biaya logistik yang dikeluarkan.

Cara Menekan Biaya Logistik Grosir Sembako

Berikut beberapa cara untuk menekan biaya logistik grosir yang dapat Anda lakukan:

1. Perhatikan Biaya Pengantaran Barang

Jika Anda merupakan Grosir yang menyediakan jasa pengantaran barang untuk pelanggan, Anda harus memperhitungkan beberapa hal. 

Perhitungkan biaya operasional yang dibutuhkan seperti gaji sopir, biaya bensin, dan biaya perawatan kendaraan. Jangan sampai biaya tersebut melampaui margin keuntungan yang Anda dapatkan dari harga pembelian barang yang diantarkan.

Untuk menekan biaya pengantaran, Anda bisa membuat beberapa ketentuan bagi pelanggan Anda yang ingin menggunakan jasa pengantaran.

Misalnya seperti menerapkan biaya pengantaran, menentukan jumlah minimal berbelanja, atau menerapkan ketentuan pengantaran di jam tertentu untuk mengumpulkan beberapa pelanggan dalam satu rute pengantaran.

2. Konsolidasikan Pengantaran Barang Pelanggan

Biaya logistik pengantaran di Grosir toko Sembako dan Produk FMCG akan lebih efisien apabila kapasitas kendaraan kiriman Anda terisi penuh. Untuk itu, Anda mungkin harus mengumpulkan pesanan belanja dari beberapa pelanggan Anda untuk dikirim sekaligus.

Anda harus mengumpulkan dan mengelompokkan semua pesanan pelanggan yang harus Anda kirimkan. Pengantaran barang pelanggan dapat dikelompokan berdasarkan area dan rute pengantaran.

Anda harus melakukan pemetaan area kiriman, dengan mengumpulkan data alamat toko pelanggan Anda. Masukan dalam kelompok yang sama tiap pelanggan yang berada di area dan rute pengantaran yang sama.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan juga biaya bahan bakar untuk pengantaran.

Baca juga: Rahasia Menjadi Pedagang Sukses ala AwanTunai

3. Perhatikan Rute Pengantaran

Dalam melakukan pengantaran barang, penting untuk mengenal berbagai rute ke suatu area. Selain mengandalkan peta digital, sebaiknya Anda juga mencoba langsung beberapa alternatif rute.

Yang harus diprioritaskan adalah rute dengan jarak pendek, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lain seperti potensi menimbulkan gangguan, waktu tempuh dan keamanan.

Sebaiknya hindari rute pendek namun rentan adanya kemacetan karena dapat meningkatkan biaya bahan bakar dan mempengaruhi waktu tempuh yang lebih lama, dan mengakibatkan keterlambatan pengantaran pesanan.

Jika berbisnis di pinggiran kota, kemungkinan besar Anda akan melakukan pengantaran ke luar kota. Pengantaran tersebut harus memperhatikan faktor keamanan bagi petugas dan produk yang dikirim, karena adanya risiko perampokan dan kejahatan lainnya.

4. Pilih Kendaraan Logistik yang Tepat

Untuk memaksimal kinerja proses logistik, maka ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kendaraan. Seperti harga beli dan daya konsumsi bahan bakar yang dimiliki kendaraan.

Kendaraan di sini tidaklah harus kendaraan baru agar dapat menekan biaya pembelian kendaraan, namun pastikan kendaraan tersebut dalam kondisi yang terawat dan siap menjalankan kegiatan operasional.

Anda juga harus memperhatikan aspek kapasitas angkut dari kendaraan, baik dalam satuan berat maupun kubikasi. Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan sebagai pemilik Grosir toko Sembako dan produk FMCG adalah kualitas kendaraan yang meliputi  kehandalan mesin dan kemudahan proses perawatan.

5. Optimalkan Perawatan Kendaraan

Untuk menjaga kinerja kendaraan Anda tetap optimal, lakukan perawatan berkala dengan layanan terjadwal, pemeriksaan rutin, serta penggantian komponen yang dibutuhkan.

Seperti penggantian oli secara berkala, inspeksi filter udara, dan pengawasan kondisi kampas rem sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Tindakan-tindakan ini bertujuan untuk memastikan performa dan kualitas kendaraan tetap prima, yang memungkinkan penggunaan kendaraan dalam jangka panjang.

Dengan melakukan praktik perawatan secara teliti, Anda juga dapat memperpanjang usia pakai kendaraan dan mengurangi risiko kerusakan serius. Resiko kerusakan yang serius bisa berdampak pada biaya perbaikan yang signifikan.

Dengan mengoptimalkan perawatan dan pengawasan secara berkala, Anda akan dapat mengurangi biaya operasional dan risiko kerusakan yang parah. Ini bukan hanya berdampak pada mengurangi potensi kegagalan transaksi, tetapi juga dapat memengaruhi keuntungan dan keseluruhan kinerja bisnis Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda.

6. Kualitas Pengendara

Kualitas pengendara memegang peranan penting dalam aspek ini. Tidak hanya berkaitan dengan kemampuan mengemudi yang terampil, tetapi juga melibatkan karakter dan kepribadian individu.

Penting untuk memilih pengendara yang memiliki tanggung jawab dan integritas. Hal ini akan mendukung operasional Grosir Toko Sembako dan membangun kepercayaan pelanggan.

Keahlian pengendara dalam menghadapi situasi darurat juga menjadi faktor penting, seperti terjadinya kerusakan secara tiba-tiba di jalan, atau terjadinya ban kempes. Kemampuan dasar untuk mengatasi situasi tersebut akan membantu menghindari biaya perbaikan yang tidak terduga.

Dengan memiliki pengendara berkualitas, sifat dan karakter yang positif, serta kesiapan menghadapi kondisi darurat, semua ini menjadi nilai tambah yang signifikan dalam menjalankan operasional Grosir Toko Sembako dan mengelola produk FMCG Anda.

Beberapa cara tersebut dapat membantu anda untuk memaksimalkan biaya operasional logistik Grosir agar tetap mendapatkan keuntungan yang besar. Meskipun margin keuntungan per satuan produk mungkin kecil, akan tetapi langkah-langkah tersebut dalam operasional dan pengantaran dapat memberikan dampak terhadap keuntungan.

Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda merupakan hal yang penting. Untuk itu ketersediaan stok di Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda harus diperhatikan dengan baik.

Anda bisa menggunakan bantuan permodalan untuk berbelanja stok di layanan Bantu Modal yang tersedia di sistem AwanTokoPro. Selain itu, AwanToko Pro juga menyediakan layanan digitalisasi operasional toko agar manajemen stok Anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien. 

Tentunya, hal tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda. Kunjungi website AwanToko dan tingkatkan keuntungan Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Artikel Lainnya