Wardah, nama yang pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat...
Bagi pedagang Grosir, hari raya menjadi momen penting yang perlu diperhatikan. Keberagaman agama dan keyakinan masyarakat menjadikan beragamnya juga hari raya di Indonesia.
Pada hari-hari besar tersebut, kebutuhan masyarakat biasanya menjadi lebih banyak dan beragam. Melihat peluang ini, pedagang grosir perlu menyusun strategi yang tepat untuk memaksimalkan momen sekaligus meningkatkan keuntungan.
AwanToko akan memberikan beberapa strategi yang dapat diterapkan pada Toko Grosir. Berikut penjelasannya.
Strategi Toko Grosir dalam Menghadapi Hari Raya
1. Siapkan Modal yang Lebih Besar
Untuk menyambut hari raya, dibutuhkan modal yang lebih besar dari biasanya. Modal ini digunakan sebagai biaya awal untuk kegiatan operasional Grosir seperti membeli stok barang dan distribusi.
Keuangan toko perlu dikelola sebaik mungkin untuk menghindari kerugian. Dengan pengelolaan yang baik, kebijakan yang mendukung pertumbuhan toko juga dapat diciptakan.
2. Lengkapi Stok Barang
Menjelang hari raya, permintaan pelanggan cenderung meningkat, terutama pada kebutuhan pokok dan produk khas perayaan. Oleh karena itu, penting bagi Toko Grosir untuk melengkapi stok barang agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
Pastikan untuk mengecek ketersediaan barang yang sering dicari saat musim perayaan pada Toko Grosir. Jika perlu, mulailah menambah stok barang setidaknya dua bulan sebelum hari raya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan yang mendadak.
3. Siapkan Gudang yang Cukup
Barang yang telah dibeli harus disimpan pada gudang yang memadai agar kualitasnya terjaga dan mudah untuk diakses. Maka dari itu, siapkan tempat penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan stok barang tambahan.
Jika tidak memiliki cukup ruang, coba untuk menyusun barang dengan efisien. Memanfaatkan sudut ruang serta rak bertingkat dapat membuat stok barang tetap rapi dan mudah teridentifikasi.
4. Gunakan Strategi Pemasaran yang Efektif
Hari raya merupakan peluang besar bagi siapa pun untuk meraih keuntungan. Peluang ini juga disertai dengan meningkatnya persaingan di antara pedagang grosir.
Oleh karena itu, lakukan promosi pemasaran yang efektif sedini mungkin baik secara langsung maupun melalui media sosial. Tunjukkan keunggulan Toko Grosir Anda dibandingkan toko lainnya seperti harga yang terjangkau, kualitas produk, serta ketersedian produk.
Baca juga: Sejarah Sirup Marjan Hingga Jadi Primadona di Indonesia
5. Tawarkan Promo Menarik
Mayoritas pelanggan akan merasa senang jika ditawarkan promo saat belanja, terutama saat menuju hari raya. Mereka akan sangat terbantu untuk menghemat pengeluaran atau mendapatkan lebih banyak barang.
Promo menarik yang dapat diterapkan pada Toko Grosir adalah bundle, yaitu menggabungkan beberapa barang untuk dijual dalam satu unit yang biasanya lebih murah. Contohnya menjual minyak goreng dengan sirup bersamaan dengan harga yang lebih murah.
6. Tata Ulang Tampilan Produk
Aktivitas di Toko Grosir akan lebih sibuk dari biasanya saat menjelang hari raya akibat lonjakan permintaan pelanggan. Solusi terbaik adalah mulai menata ulang produk pada rak agar lebih terorganisir dan mudah diakses.
Tampilkan produk yang paling banyak dicari di tempat yang mudah terlihat, seperti dekat pintu masuk. Penempatan produk ini selain mempermudah untuk ditemukan, juga dapat membangkitkan minat beli para pelanggan.
7. Berikan Hadiah ke Pelanggan Setia
Untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan setia, memberikan hadiah berupa produk gratis atau diskon khusus merupakan langkah yang tepat. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
Hadiah yang diberikan tentu akan sangat berkesan positif bagi pelanggan. Alhasil, hubungan antara penjual dan pelanggan dapat terjalin lebih erat.
Baca juga: 5 Masalah di Gudang Grosir yang Bikin Rugi
Sambut Hari Raya Bersama AwanToko Pro
Kegiatan Toko Grosir menuju hari raya akan lebih efektif dengan memanfaatkan layanan digital pada AwanToko Pro. Layanan digital ini terdapat pada kasir, pencatatan toko, serta pemesanan online bagi pelanggan Anda.
Tidak hanya itu, Anda dapat berbelanja dengan mudah dan membayarnya di kemudian hari dengan Bantu Modal. Bantu Modal merupakan fasilitas bantuan permodalan dari PT SimpleFi Teknologi Indonesia sebagai mitra AwanToko, yang telah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko sekarang!