Pengelola warung yang sedang melakukan pengelolaan keuangan warung sembako

Mengelola warung sembako tidak hanya sekedar dengan melayani pembeli dan berbelanja stok barang saja. Agar warung tetap berjalan lancar dan tidak mengalami kerugian, mengetahui cara mengatur keuangan warung sembako yang tepat juga sangat penting.

Hal tersebut berlaku, baik untuk warung besar maupun kecil. Untuk itu, dalam artikel kali ini AwanToko akan membagikan beberapa tips dan cara mengatur keuangan warung sembako yang bisa Anda terapkan di warung Anda.

Kenapa Penting untuk Mengelola Keuangan Warung?

Bisnis warung sembako tidak terlepas dari transaksi jual beli setiap harinya. Hal tersebut cenderung menyebabkan terjadinya perputaran modal yang cepat.

Jika keuangan warung Anda tidak dikelola dengan baik, modal warung Anda bisa terganggu. Karena hal tersebut, pengadaan stok barang di warung juga bisa terhambat.

Situasi ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan omzet dan keuntungan. Jika terjadi dalam jangka panjang, dikhawatirkan warung sembako Anda tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, mengelola keuangan warung sangat penting untuk dilakukan. Dengan keuangan warung yang sehat, Anda juga dapat meningkatkan bisnis warung sembako Anda agar semakin berkembang.

Cara Mengatur Keuangan Warung Sembako

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan warung sembako:

1. Memisahkan Keuangan Warung & Pribadi

Untuk memisahkan keuangan warung dan pribadi, Anda dapat mengambil sejumlah keuntungan dari hasil penjualan warung untuk kebutuhan pribadi setiap hari atau setiap bulannya.

Hal ini dilakukan demi mencegah bercampurnya keuangan untuk transaksi bisnis dan kebutuhan pribadi. Jika keuangan warung dan pribadi bercampur, dikhawatirkan modal belanja stok barang Anda dapat tidak sengaja terpakai.

Tentunya, hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya jumlah stok warung yang juga berdampak ke penurunan pendapatan. 

2. Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran Harian

Kegiatan ini dilakukan untuk melihat kinerja warung Anda setiap harinya. Anda dapat menyediakan satu buku kas harian untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran harian warung.

Pencatatan dapat dilakukan secara rinci dengan mencatat setiap transaksi, atau dengan mencatat jumlah keseluruhan pendapatan dan pengeluaran warung setiap harinya. 

Angka pendapatan yang lebih tinggi dari angka pengeluaran, menunjukkan bahwa warung memiliki kinerja yang baik. Namun, jika dalam angka pengeluaran seringkali lebih tinggi dari angka pendapatan, Anda harus melakukan evaluasi bisnis.

Baca Juga: Daftar 15 Barang yang Wajib Ada di Warung Sembako

3. Buat Catatan Stok dan Anggaran Belanja

Anda dapat menyediakan catatan terpisah untuk mencatat jumlah stok Anda. Catatan ini berisi nama dan jenis barang, serta jumlah barang masuk dan keluar. 

Dari catatan tersebut, Anda dapat dengan mudah memonitor stok barang apa yang harus segera dibeli, serta berapa jumlah yang dibutuhkan. 

Memiliki catatan stok dan anggaran belanja dapat mencegah warung Anda mengalami kelebihan maupun kekurangan stok. 

Pasalnya, kelebihan stok untuk satu atau beberapa produk bisa menyebabkan perputaran modal tidak efisien. Sementara, kekurangan stok dapat berpengaruh pada penurunan pendapatan hingga kehilangan pelanggan. 

4. Menyisihkan Dana Darurat dan Perbaikan

Dalam menjalankan usaha warung sembako, ada kebutuhan operasional yang perlu diperhatikan. Biaya operasional ini meliputi biaya untuk peralatan dan perlengkapan warung, seperti rak barang, kalkulator, kendaraan, dll.

Peralatan dan perlengkapan tersebut bisa saja rusak atau hilang sewaktu-waktu. Dengan menyediakan dana darurat dan perbaikan, Anda dapat mencegah peristiwa tersebut mengganggu operasional dan modal warung Anda. 

5. Cermat dalam Mengelola Kasbon 

Jika Anda termasuk salah satu warung yang menyediakan opsi kasbon untuk pelanggan, Anda perlu mengelola kasbon warung dengan cermat. 

Misalnya dengan memberikan limit untuk kasbon, memberikan jangka pembayaran dalam durasi waktu tertentu, ataupun menerapkan aturan larangan kasbon apabila kasbon sebelumnya belum dilunasi.

Hal ini dilakukan agar modal Anda tidak tertahan dan dapat terus berputar. Sebagai pemilik, Anda juga harus tegas kepada pelanggan. Informasikan aturan kasbon di warung Anda dengan jelas dan konsisten.

6. Hindari Pinjaman Non-Produktif

Beberapa pemilik warung terkadang memutuskan untuk mengambil pinjaman kepada bank atau pihak tertentu dengan alasan yang beragam. Misalnya, karena kekurangan modal untuk berbelanja stok barang, ingin mengembangkan warung, ataupun menutup kerugian. 

Namun, pinjaman yang telah berhasil didapatkan, terkadang tidak tepat sasaran dan tidak digunakan untuk hal yang produktif. Misalnya digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Alhasil, pinjaman tersebut menjadi tidak produktif dan justru harus dibayar dengan pendapatan warung. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari pinjaman yang non-produktif, karena bukannya memberikan keuntungan, justru sebaliknya. 

Lalu, bagaimana jika Anda kekurangan modal, ingin menambah stok, atau ingin mengembangkan warung? Bantuan permodalan produktif dari AwanToko adalah solusinya.

Kenapa bantuan permodalan dari AwanToko dikatakan produktif? Karena, AwanToko tidak memberikan bantuan permodalan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk saldo yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja stok barang di grosir mitra AwanToko.

Tentunya, hal ini dapat mencegah pinjaman yang Anda dapatkan terpakai untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan lainnya yang tidak produktif. Pinjaman yang didapatkan juga menjadi lebih tepat sasaran dan bisa menghasilkan keuntungan. 

Baca Juga: Belanja Barang Jadi Lebih Mudah dengan Aplikasi AwanToko

Itulah tadi 6 cara mengatur keuangan warung sembako yang bisa Anda terapkan di warung Anda. Dengan mengelola keuangan warung secara konsisten, diharapkan warung Anda dapat terus berjalan lancar.

Apabila Anda membutuhkan bantuan permodalan untuk berbelanja stok barang, Anda dapat menggunakan AwanTempo yang dapat diakses melalui aplikasi AwanToko.

AwanTempo merupakan bantuan permodalan hasil kerja sama AwanToko dan PT SimpleFi Teknologi Indonesia. Dengan layanan ini, Anda dapat mengajukan bantuan permodalan secara online dan tanpa jaminan aset. 

Telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), AwanTempo dapat menjadi solusi untuk pengembangan warung sembako Anda.

Yuk, download aplikasi AwanToko di Google Play Store dan Jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Banner layanan bantuan permodalan AwanTempo untuk warung sembako
Dapatkan bantuan permodalan untuk warung Anda sekarang!

Artikel Lainnya