Ilustrasi pedagang grosir sembako sembako yang sedang menjaga toko
May 5, 2024

Sebagai pemilik Grosir Toko Sembako dan produk FMCG, tentunya Anda ingin meningkatkan penjualan dari toko Anda. Dengan meningkatnya penjualan, diharapkan hasilnya akan berbanding lurus peningkatan keuntungan toko. 

Pada prinsipnya, peningkatan penjualan akan di dapatkan dari 2 hal, yaitu meningkatnya jumlah transaksi dan meningkatnya nilai penjualan per transaksi. Hal ini bisa didapat baik dari pelanggan yang sama, maupun dari pertambahan jumlah pelanggan.

Untuk mencapai hal tersebut, salah satu hal yang Anda lakukan adalah merancang strategi pemasaran yang kreatif dan tepat sasaran. Karena itu, dalam artikel ini AwanToko akan membagikan beberapa strategi pemasaran kreatif untuk Grosir Toko Sembako yang bisa Anda terapkan. Simak ulasan lengkapnya

Strategi Pemasaran Kreatif bagi Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG

Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menerapkan strategi yang paling sesuai dengan sumber daya yang Anda miliki. Berikut beberapa strategi kreatif yang bisa Anda terapkan untuk Grosir Toko Sembako Anda:

1. Program Promosi Toko Sembako

Program promosi adalah kegiatan pemasaran yang paling umum dilakukan. Biasanya promosi yang sering dilakukan adalah melakukan diskon atau pengurangan harga. 

Namun, Anda juga dapat melakukan beberapa program promosi lainnya, seperti  memberikan produk bonus, memberikan layanan jasa pengiriman, hingga dengan memberikan keringanan metode pembayaran. 

Yang harus Anda perhatikan selaku pemilik Grosir terhadap kegiatan promosi ini adalah merencanakan dengan cermat kapan promosi akan dilakukan, produk apa yang akan dipromosikan, siapa yang menjadi target promosi, dan menghitung bagaimana menyediakan bujet promosi agar tidak menimbulkan kerugian.

2. Program Loyalitas Toko Sembako

Prinsipnya, apa yang anda lakukan di program loyalitas memiliki banyak kesamaan dengan program promosi seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Perbedaannya adalah dengan program loyalitas anda bisa meminta informasi data pelanggan Anda dengan lebih lengkap dan detail. Pada program promosi biasa, semua pelanggan Anda bisa menerima program tersebut tanpa melakukan pendaftaran. 

Dengan melakukan proses pendaftaran program melalui pengumpulan data pelanggan, Anda selaku pemilik Grosir bisa membuat lebih banyak program promosi yang menyesuaikan dengan profil pribadi pelanggan maupun profil usaha pelanggan. 

Contoh program yang bersifat personal yang bisa Anda berikan adalah pemberian hadiah saat mereka berulang tahun ataupun pemberian bingkisan hari raya. 

Adapun, program bersifat bisnis yang bisa Anda berikan dapat berupa tambahan diskon, prioritas pengiriman produk, serta prioritas stok untuk produk-produk yang cepat habis. 

Pada akhirnya, semua layanan dan apresiasi tambahan ini diharapkan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan untuk terus berbelanja di Grosir toko Sembako dan produk FMCG Anda.

3. Penggunaan Sosial Media

Selaku pemilik Grosir Toko Sembako dan Produk FMCG, Anda juga harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan menggunakan sosial media sebagai sarana promosi dan pemasaran.

Untuk memanfaatkan sosial media, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu sosial media apa yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Anda. Setelahnya, Anda dapat mulai membuat konten promosi yang sesuai dengan karakter pelanggan Anda. 

Anda juga dapat memberikan insentif kepada pelanggan agar bersedia untuk untuk mengikuti akun sosial media Grosir Anda. Untuk pengelolaan sosial media dan pembuatan konten, Anda dapat melakukan pengelolaan secara mandiri ataupun menyediakan bujet tambahan untuk mempekerjakan seorang social media specialist atau digital marketer.

Dengan sosial media, Anda dapat mencoba membuat konten terkait operasional harian, produk yang tersedia, promosi yang berlangsung, dan konten-konten menarik lainnya. 

Pastikan nama sosial media Grosir Anda menggunakan nama yang mudah dikenali oleh pelanggan Anda. Untuk memperkuat identitas toko, tambahkan foto atau logo Grosir Anda pada bagian profil.

Jika Anda dapat memanfaatkan kehadiran sosial media dengan baik, peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan juga akan semakir besar. Melalui sosial media, Anda juga dapat berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Baca juga: Grosir Toko Sembako yang Jual Baterai, Yuk Pelajari Jenis-Jenisnya!

4. Penjualan Business-to-Business

Salah satu kegiatan pemasaran yang bisa meningkatkan nilai transaksi adalah melakukan kegiatan penjualan secara business-to-business (B2B). Untuk Grosir toko Sembako dan produk FMCG, kegiatan B2B bisa dilakukan dengan menawarkan produk kepada institusi lain yang membutuhkan produk sembako atau FMCG secara reguler dalam jumlah besar. 

Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan produk sembako kepada warung, restoran, kantin, atau pihak katering. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan produk FMCG kepada koperasi, rumah penginapan, dan institusi lainnya yang membutuhkan. 

Penjualan B2B dapat menghasilkan transaksi besar melalui pemberian penawaran menarik, seperti potongan harga, pembayaran tempo, dan jasa pengiriman.

5. Kegiatan offline

Untuk meningkatkan minat pelanggan untuk berbelanja, Anda  dapat mengadakan kegiatan menarik secara offline di toko Anda. Kegiatan yang dilakukan secara offline di toko ini tidak perlu dilakukan dengan biaya yang terlalu tinggi. Misalnya, Anda bisa melakukan acara pengundian hadiah secara terbuka untuk pelanggan,  atau  mengundang pelanggan yang datang hari tertentu untuk makan bersama.

Adapun, Inti dari kegiatan offline ini adalah terjadinya interaksi antara Anda dengan pelanggan yang tidak terbatas hanya dalam konteks transaksi jual-beli saja.

Dalam mengadakan kegiatan ini, Anda sebagai pemilik Grosir juga dapat mengajukan kerja sama dengan mitra distributor ataupun perusahaan FMCG. 

Sampaikan latar belakang, obyektif, dan ide kreatif Anda disertai detail rencana anggaran kegiatannya. Mereka akan dengan senang hati untuk setidaknya mempertimbangakan usulan Anda sepanjang selama ini Anda memiliki hubungan baik dengan mereka.

Agar Grosir Toko Sembako dan produk FMCG Anda mendapatkan perhatian khusus dari distributor atau perusahaan FMCG, Anda haruslah cukup aktif mendukung penjualan produk-produk mereka sebelumnya. 

Baca juga: 5 Kiat dan Kunci Sukses Mengelola Bisnis Sembako Warisan

Bangunlah hubungan bisnis yang baik dengan cara melakukan transaksi untuk produk-produk distributor secara berkala dan dalam jumlah yang besar dan terus bertumbuh. Pastikan juga Anda selalu melakukan pembayaran transaksi tepat waktu.

Agar dapat melakukan hal tersebut, sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki persediaan modal yang stabil. Dengan ketersediaan modal usaha yang stabil, maka lebih mudah bagi Anda untuk  membangun hubungan yang baik dengan distributor dan perusahaan FMCG.

Jika Anda mengalami kendala dalam penyediaan modal, tidak perlu khawatir karena AwanToko menyediakan solusinya.  Dengan layanan “Bantu Modal” yang dapat Anda akses melalui sistem AwanToko Pro, Anda dapat mengajukan bantuan permodalan dengan jumlah dan tenor yang fleksibel.

Layanan Bantu Modal dari AwanToko Pro

Bantu Modal sendiri merupakan layanan solusi dukungan modal usaha untuk pelaku industri FMCG dan Sembako, terutama untuk kelas pedagang Grosir agar bisa berbelanja stok dengan lancar dan mengembangkan bisnis.

Proses pengajuan yang cepat dan persyaratan yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan layanan perbankan akan sangat membantu usaha Grosir Anda. Segera kunjungi sistem AwanToko Pro dan kembangkan bisnis Anda.

Ayo, jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Artikel Lainnya