July 30, 2024

Membuka usaha warung sembako di rumah bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin mulai menggeluti usaha warung sembako.

Dengan membuka usaha warung sembako di rumah, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan, sekaligus menghemat biaya sewa tempat.

Agar warung sembako rumahan Anda laris manis, berikut tips serta cara membuka usaha warung sembako di rumah yang dirangkum oleh AwanToko untuk Anda.

Cara Membuka Usaha Warung Sembako di Rumah

Ada lima cara membuka usaha warung sembako yang bisa Anda praktikkan di warung sembako rumahan Anda:

1. Mulai Tahap Perencanaan

Pada tahap perencanaan, ada dua hal penting yang harus ditentukan. Pertama, berapa jumlah modal yang akan digunakan? Tidak harus besar, Anda dapat memulai usaha warung sembako rumahan dengan modal mulai dari satu juta saja. 

Nantinya, jumlah modal ini akan menentukan hal penting kedua, yakni barang apa saja yang akan dijual di warung Anda? Jika modal Anda terbatas, Anda dapat memulai dengan menjual barang sembako yang sering dicari. 

Misalnya seperti mi instan, telur, minyak goreng, atau makanan dan minuman ringan. Setelah melakukan perencanaan, Anda dapat membuat rincian dan anggaran belanja untuk tahap selanjutnya.

Baca Juga: Daftar 15 Barang yang Wajib Ada di Warung Sembako

2. Lakukan Pengadaan Barang

Pada tahap ini, carilah supplier yang menjual barang berkualitas dengan harga yang bersaing. Untuk itu, Anda bisa melakukan survey ke beberapa supplier terlebih dahulu.

Perhatikan jarak antara rumah Anda dengan supplier, karena dapat berpengaruh pada besaran biaya transportasi dan waktu yang harus dikeluarkan saat berbelanja stok.

Jika sudah menemukan supplier terbaik, Anda dapat mulai melakukan pengadaan barang. Pada saat berbelanja, jangan lupa untuk selalu memeriksa masa kedaluwarsa dari setiap produk, agar masa jual barang Anda bisa lebih panjang.

3. Buat Penataan Barang yang Menarik

Anda dapat menggunakan etalase, kardus barang, dan rak dari kayu maupun besi untuk menyusun stok barang. Gantungan dari tali ataupun kawat juga bisa digunakan untuk menggantung barang dengan kemasan renteng. 

Bersihkan juga warung Anda secara berkala agar selalu dalam keadaan bersih, sehingga pelanggan selalu nyaman berbelanja di warung Anda.

4. Kelola Stok dan Keuangan dengan Baik

Untuk mengelola stok dan keuangan warung dengan baik, Anda dapat menyediakan buku terpisah untuk pencatatan. Pada buku catatan stok, catat jumlah stok yang keluar dan masuk di warung Anda secara berkala, serta masa kedaluwarsanya. 

Lewat pencatatan ini, Anda dapat mengetahui barang mana saja yang laris dan yang kurang laris, serta barang mana yang hampir habis atau expired, dan harus segera ditangani.

Lalu, pada buku catatan keuangan, catat jumlah pendapatan dan pengeluaran warung setiap harinya. Pemasukan yang konsisten lebih besar dari pengeluaran, mengindikasikan bahwa warung Anda memiliki keuangan yang sehat. 

5. Berikan Pelayanan yang Maksimal

Kunci agar warung sembako rumahan Anda memiliki banyak pelanggan adalah kualitas pelayanan. Selalu sapa dan layani pelanggan Anda dengan ramah, dan hindari melayani pelanggan sambil bermain gadget. 

Memberikan pelayanan dengan cekatan juga menjadi nilai plus. Selain itu, jalinlah hubungan baik dengan tetangga di sekitar rumah. Pasalnya, mereka adalah calon pelanggan paling potensial bagi warung Anda. 

Selain lima cara di atas, hal paling penting yang harus dilakukan pemilik warung sembako rumahan adalah memahami kebutuhan pelanggan. Perhatikan jenis dan merek barang yang sering dicari oleh pelanggan Anda, dan pastikan barang tersebut selalu tersedia.

Baca Juga: 6 Masalah Utama Warung Sembako dan Cara Mengatasinya

Apabila Anda membutuhkan bantuan permodalan untuk berbelanja stok barang, Anda dapat menggunakan layanan AwanTempo yang dapat diakses melalui aplikasi AwanToko.

AwanTempo merupakan bantuan permodalan hasil kerja sama AwanToko dengan PT SimpleFi Teknologi Indonesia. Dengan layanan ini, Anda dapat mengajukan bantuan permodalan secara online dan tanpa jaminan aset. 

Telah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), AwanTempo dapat menjadi solusi untuk pengembangan warung sembako Anda.

Yuk, segera download aplikasi AwanToko di Google Play Store dan jadi #TemanUntungBareng AwanToko

Banner layanan bantuan permodalan AwanTempo untuk warung sembako
Dapatkan bantuan permodalan untuk warung Anda sekarang!

Artikel Lainnya