Pemilik grosir sembako sedang melayani pelanggan
October 23, 2023

Bagi pemilik Grosir Toko Sembako dan FMCG, ketersediaan stok akan sangat membantu untuk menjaga kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas. Pelanggan Grosir atau  Warung akan sangat membutuhkan stok yang lengkap, konsisten, dalam jumlah yang cukup dan harga yang kompetitif.

Dengan terpenuhinya kondisi tersebut, pelanggan akan sangat terbantu dalam menjalankan usahanya sehingga berdampak pada pembelian kembali di kemudian hari.

Berikut adalah penjelasan mengapa ketersediaan stok yang baik akan berdampak pada loyalitas pelanggan bagi bisnis Grosir toko Sembako dan FMCG:

Dampak Ketersediaan Stok yang Baik pada Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis Grosir

Terdapat beberapa dampak dari ketersediaan stok yang baik terhadap loyalitas pelanggan:

1. Efisiensi  Waktu Bagi Pemilik Warung dalam Berbelanja Barang

Pemilik warung seringkali melakukan kegiatan belanja stok di Grosir secara langsung tanpa diwakili oleh karyawan. Kegiatan berbelanja ini tentunya dilakukan di tengah-tengah kesibukan menjaga warung dan melayani pelanggan. Untuk itu, efisiensi waktu saat berbelanja akan sangat penting

Pemilik warung akan lebih senang dan merasa terbantu apabila Grosir yang menjadi pilihan mereka memiliki ketersediaan barang yang lengkap. Hal ini dapat membantu  pemilik warung menggunakan waktu dengan efisien karena berbelanja stok barang lebih dari satu tempat akan menyita lebih banyak waktu.

Untuk itu, pastikan bahwa stok barang di Grosir Sembako Anda tetap terjaga. Bila pemilik warung sering mendapati bahwa stok barang di warung Anda seringkali tidak lengkap atau kosong, maka akan sangat mungkin bila pemilik Warung akan berbelanja ke Grosir lainnya yang dianggap memiliki stok lebih lengkap.

Sebaliknya, stok barang yang selalu tersedia dapat meningkatkan loyalitas pelanggan untuk terus berbelanja di warung Anda.

2. Memberikan Kelancaran Usaha Warung

Produk FMCG adalah produk yang memiliki permintaan yang cenderung stabil, hal ini disebabkan karena produk-produk FMCG merupakan produk yang secara regular digunakan oleh masyarakat luas.

Namun, lonjakan kebutuhan pada kondisi-kondisi tertentu juga mungkin terjadi, misalnya seperti pada masa perayaan hari-hari besar tertentu. Warung sebagai point of sales terdekat dengan konsumen dari produk FMCG haruslah mengantisipasi kondisi-kondisi seperti ini. 

Untuk itu, memiliki pemasok Grosir Sembako dengan stok barang yang selalu tersedia akan membantu pemilik warung agar dapat selalu menyediakan barang bagi pelanggan mereka. 

Jika Anda sebagai Grosir selalu memiliki stok barang yang tersedia secara stabil, pemilik warung akan menjadikan Grosir Anda sebagai opsi pertama untuk berbelanja stok.

Baca juga: Strategi Mengelola Keuangan Anda Mulai dari Nol!

3. Pengakuan Kualitas Layanan Grosir

Dalam industri sembako dan FMCG, nama baik sangatlah penting karena dalam industri ini, para pelaku usaha biasanya saling terhubung atau bahkan saling kenal. Informasi dan Rekomendasi dari mulut ke mulut atau word-of-mouth (WOM) menjadi sesuatu yang sangat sering terjadi.

Yang harus dipahami adalah, WOM yang bersifat negatif akan jauh lebih cepat tersebar. Salah satu hal negatif yang mudah tersebar adalah terkait dengan berita tidak lengkapnya stok dari sebuah toko Grosir toko Sembako.

Nama baik dari sebuah Grosir bisa saja menjadi tercoreng bila ada satu atau dua pelanggan yang kecewa karena tidak mendapatkan produk yang di cari, atau ada namun jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan yang diinginkan.

Dalam beberapa kejadian bahkan bisa saja opini yang tidak tepat beredar hingga bisa menimbulkan  lebih jauh merugikan kredibilitas dari Grosir toko Sembako Anda.

Bisa saja timbul prasangka bahwa Grosir toko Sembako Anda mengalami masalah dengan pihak distributor, atau terjadi hal yang buruk dalam proses bisnis atau keuangan toko.

Solusi dari AwanToko

Demikianlah beberapa hal yang menjadi alasan betapa pentingnya untuk menjaga ketersediaan stok produk di Grosir Toko Sembako Anda.

Untuk membantu Grosir Grosir Toko Sembako Anda selalu bisa menjaga stok pada tingkat ketersediaan yang baik, maka setidaknya membutuhkan dua hal, manajemen stok yang akurat dan manajemen arus kas yang sehat. 

AwanToko menyediakan dukungan kepada Grosir Toko Sembako untuk membantu memastikan perbaikan ketersediaan stok.

Dengan menggunakan AwanToko Pro, sistem digital berbasis web yang dibuat khusus untuk mendukung operasional Grosir Toko Sembako. Melalui menu pencatatan transaksi (Kasir) yang terintegrasi dengan sistem pencatatan stok (Atur Stok), pemilik atau karyawan Grosir Toko Sembako dapat melakukan pengawasan terkait kondisi stok yang ada. 

Dengan adanya sistem yang memperlihat jumlah stok yang tersedia secara digital. Anda dapat lebih mudah melakukan proyeksi kapan dan berapa banyak harus membeli atau menambah stok suatu produk.

Bila Anda memutuskan untuk membeli atau menambah stok suatu produk, maka dibutuhkan permodalan yang cukup. Sering kali untuk membeli suatu produk pihak supplier atau distributor memiliki syarat minimum pembelian. 

Hal ini terkait dengan efisiensi pengiriman, dan juga sering kali terkait dengan promosi yang bisa Anda dapat agar harga satuan produk yang anda beli menjadi lebih murah. 

Dengan harga beli yang lebih murah, maka Anda Akan dapat menjual produk dengan harga yang lebih bersahabat dengan pelanggan anda.

Untuk mendukung permodalan dalam rangka pengadaan stok, Anda sebagai pemilik Grosir Ttoko Sembako dapat menggunakan menu Bantu Modal di sistem AwanToko Pro. 

Dalam Bantu Modal, proses pengajuan akan menjadi relatif lebih mudah dan cepat bila dibandingkan dengan layanan perbankan konvensional. Anda tidak memerlukan aset sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha Sembako anda. Anda dapat setiap saat menggunakannya untuk meningkatkan stok di Grosir toko Sembako anda.

Ayo, gunakan AwanToko Pro dan jadi #TemanUntungBareng AwanToko.

Artikel Lainnya