Over 10 years we help companies reach their financial and branding goals. Engitech is a values-driven technology agency dedicated.

Gallery

Contacts

411 University St, Seattle, USA

engitech@oceanthemes.net

+1 -800-456-478-23

Pengembangan Toko & Warung
Ilustrasi pemilik usaha warung modern

Simak 3 Alasan Kenapa Warung Harus Jadi Modern

Masyarakat Indonesia tidak bisa terpisahkan dengan warung, karena warung merupakan objek utama yang mudah dijangkau untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan dapur, produk FMCG, hingga makanan ringan.

Namun, di era yang canggih ini warung harus bisa beradaptasi dengan teknologi agar bisnisnya tidak tertinggal dan dapat bersaing dengan minimarket dan pusat perbelanjaan modern lainnya.

Untuk itu, dalam artikel berikut ini AwanToko akan memaparkan alasan, dampak, dan cara menjadikan warung Anda warung modern.

Alasan Penting Kenapa Warung Anda Harus jadi Modern

Tidak hanya untuk mengikuti perkembangan teknologi, beralih menjadi warung modern juga dapat bepengaruh terhadap keberlangsungan warung dan peningkatkan omzet. Berikut uraian lengkapnya:

1. Agar Tetap Kompetitif

Agar tetap kompetitif dan dapat bersaing di pasar yang ketat, warung harus mulai menyesuaikan layanan dengan perkembangan teknologi yang ada. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan, yang kebiasaan berbelanjanya juga mulai mengikuti perkembangan teknologi.

Misalnya dengan menyediakan opsi pembayaran cashless dan opsi berbelanja secara online yang mulai populer di kalangan masyarakat. Hampir sebagian besar minimarket dan pusat perbelanjaan modern juga sudah menerapkan hal tersebut dan berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan.

Untuk itu, beralih menjadi warung modern dengan menyediakan layanan berbasis teknologi sangat penting untuk segera dilakukan agar warung Anda tetap dapat kompetitif dan bisa bersaing.

2. Meminimalisir Kerugian

Peralihan warung tradisional menjadi warung modern dapat membantu pemilik warung meminimalisir kerugian. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan sistem pencatatan digital.

Dengan menggunakan sistem pencatatan digital, pencatatan dan data penjualan dapat termonitor dengan baik. Beda halnya dengan penggunaan sistem pencatatan manual, resiko kesalahan pencatatan dan kerusakan maupun kehilangan buku catatan operasional dapat rentan terjadi.

Dalam dunia bisnis, kesalahan pekerja merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari, termasuk dalam hal kesalahan mencantumkan harga produk. Misalnya, harga sebuah biskuit itu seharusnya Rp. 12.000, akan tetapi karena seorang pekerja lupa, ia mencatat dengan harga Rp. 11.000, hal ini bisa menyebabkan kerugian.

Namun, dengan adanya bantuan teknologi, masalah seperti ini bisa diatasi dengan baik. Digitalisasi operasional tidak hanya membuat pencatatan operasional menjadi mudah, akan tetapi dapat membantu mengatasi kesalahan yang dapat berdampak pada kerugian. Sehingga beralih menjadi warung yang modern dapat meraih keuntungan yang jauh lebih besar.

3. Meningkatkan Kenyamanan

Dengan sistem operasional warung yang terdigitalisasi, selain mendapatkan keuntungan yang lebih besar, pemilik Warung juga bisa lebih fleksibel dalam menjaga warungnya.

Karena dengan pencatatan dan data transaksi yang tercatat secara digital, pemilik Warung memiliki kemudahan untuk bisa mengaksesnya kapan dan dimana saja. Selain itu, pemilik Warung juga bisa dengan mudah untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, seperti ketersediaan stok barang, ataupun data penjualan.

Dengan hal ini seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, pemilik Warung dapat mengurangi kesalahan dalam pencatatan operasional bisnisnya secara manual, dan bisa fokus pada strategi penjualan untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik lagi.

Peralihan ini tidak hanya mengikuti tren yang sedang terjadi, akan tetapi membawa banyak manfaat baik untuk pemilik warung maupun pelanggan. Karena peralihan warung modern dapat membantu untuk memudahkan operasional dan mengoptimalkan bisnis agar tetap kompetitif dan bisa bersaing dengan baik.

Baca Juga: 6 Masalah Utama Warung Sembako dan Cara Mengatasinya

Selain beralih menjadi warung modern untuk meningkatkan keuntungan, Anda juga dapat bergabung menjadi mitra AwanToko.

AwanToko merupakan aplikasi berbasis Android yang memberikan layanan pesan barang secara online dan bantuan permodalan bagi pemilik usaha warung sembako. Dengan menggunakan AwanToko, Anda bisa berbelanja secara online di mana saja dan kapan saja di mitra grosir AwanToko.

Jika Anda membutuhkan bantuan permodalan untuk pengadaan barang atau mengembangkan warung, Anda juga bisa mengajukan bantuan permodalan secara online dengan layanan AwanTempo.

Bantuan permodalan ini bisa Anda ajukan secara online dengan persyaratan dan proses yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan bantuan permodalan perbankan lainnya.

Segera download aplikasi AwanToko di Google Play Store sekarang dan jadi #TemanUntungBareng AwanToko!

Author

Ega Andinia Putri

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *